Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Demonstran Bakar Diri Menentang Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe

HALO JAPIN. Menjelang pemakaman mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, seorang demonstran membakar diri di dekat kantor Perdana Menteri. Pria tersebut memprotes pemakaman kenegaraan yang dilakukan pemerintah Jepang.


Dikutip dari laman antaranews.com, pria tersebut dilaporkan pria tersebut tidak sadarkan diri. Seorang polisi yang berusaha memadamkan api juga disebutkan ikut terluka dalam peristiwa tersebut. Keduanya kemudian dibawa ke rumah sakit. Para penentang pemakaman kenegaraan Abe semakin banyak setelah pembunuhan terkait antara Partai Demokratik Liberal yang berkuasa dan Gereja Unifikasi yang kontroversial. Tersangka pembunuh Abe mengatakan Gereja Unifikasi telah membuat ibunya bangkrut dan dia merasa sang mantan PM mendukung gereja itu.

Mayoritas warga Jepang kini menentang pemakaman itu. Protes-protes rencananya akan digelar menjelang acara itu dan pada hari pelaksanaan. Seperti diberitakan sebelumnya Shinzo Abe dibunuh pada 8 Juli lalu dam pemakamannya akan digelar secara kenegaraan pada 27 September. Sekitar 6.000 orang dari Jepang dan luar negeri diperkirakan akan menghadiri pemakaman itu.

Shinzo Abe lahir 21 September 1954 adalah seorang politikus Jepang yang pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang selama 4 periode. Kedudukannya ini menjadikannya sebagai perdana menteri dengan masa jabatan terlama sepanjang sejarah Jepang.

Karir politik Abe diasah ketika pada 1982 ia mulai bekerja sebagai sekretaris ayahnya, Abe Shintaro, yang ketika itu adalah Menteri Luar Negeri Jepang. Langkah politiknya semakin melesat ketika dia memenangkan kursi majelis rendah pada 1993 dan memegang serangkaian jabatan pemerintahan, Abe mulai mendapat dukungan saat memperlihatkan sikap tegasnya terhadap Korea Utara. Walhasil, pada 2003 ia pun dipercaya menduduki jabatan sebagai Sekjen Partai Liberal Demokratik.

Shinzo Abe juga pernah duduk sebagai Sekertatis Kabinet di pemerintahan mantan Perdana Menteri Junichiro Koizumi. Sedangkan jabatan Perdana Menteri Jepang pertama kali diembannya pada September 2006 – September 2007. Pada Desember 2012, Abe kembali terpilih oleh parlemen untuk menjadi Perdana Menteri Jepang menggantikan Yoshihiko Noda setelah partainya, Partai Demokrasi Liberal memenangkan pemilu Jepang 2012. Abe terpilih kembali menjadi Perdana Menteri Jepang pada 2014 dan 2017. ( Dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *