Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Kenangan Tokoh Indonesia Tentang Shinzo Abe

HALO JAPIN. Wafatnya mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe meninggalkan kenangan bagi tokoh dan pemimpin dunia. Mereka memberikan kesan tentang pejabat perdana Menteri Jepang terlama ini lewat akun media sosialnya. Begitu pula dengan beberapa tokoh Indonesia yang pernah bertemu dan bersahabat dengan Shinzo Abe.


Salah satunya Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dari akun instagram resminya @jokowi,tentang kenagannya terhadap Shinto Abe. Presiden Jokowi ditulis “Izinkan saya untuk menyampaikan belasungkawa terdalam kami atas kematian tragis mantan PM Abe Shinzo dari Jepang,” tulis Jokowi. Jokowi juga menyematkan jasa Shinzo Abe selama menjabat, seperti diantaranya ketika Jokowi dan Abe berhasil memperkuat hubungan kedua negara. “Kontribusi beliau dalam memperkuat kerjasama RI-Jepang akan selalu kami kenang. Semoga keluarga PM Abe dan masyarakat Jepang diberikan kekuatan di masa sulit ini,” ujarnya.


Hal yang sama disampaikan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dalam akun twitternya SBY menulis, “Saya sangat sedih mendengar tentang meninggalnya teman baik saya, mantan PM Jepang Shinzo Abe. Saya turut berduka cita yang sedalam-dalamnya dan tulus mendoakan Akie Abe (teman baik almarhum Ani Yudhoyono) dan keluarga di masa berduka ini. Semoga Tuhan memberikan kekuatan kepadanya dan keluarga,” katanya.

Menurut SBY, Abe adalah pemimpin yang hebat di Jepang dan dunia. “Shinzo Abe merupakan pemimpin hebat Jepang dan dunia. Selama menjabat, kami pernah bekerja bersama dalam hubungan bilateral antara Indonesia & Jepang dan isu-isu ekonomi global, perubahan iklim, geopolitik, demokrasi, dan hak asasi manusia,” ujarnya.

Sementara itu mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla menyebut Abe adalah pemimpin yang sangat baik dan sahabat Indonesia. Selalu mendorong hubungan Indonesia dan Jepang yang erat. “Saya berpengalaman banyak dalam pertemuan dengan beliau. Di PBB, setiap tahun kami ketemu dan selalu membahas tentang peningkatan hubungan Indonesia dan Jepang,” imbuh JK.

Shinzo Abe wafat dan telah dimakamkan pada Selasa lalu. Ia meninggal setelah ditembak saat melakukan kampanye di daerah Nara. Abe dikenal sebagai salah satu Perdana Menteri Jepang yang membawa peningkatan ekonomi di negara tersebut. (Dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *