Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Di Jepang Pencurian Mobil Sport Klasik Alami peningkatan

Toyota Supra klasik harganya melambung tinggi ( Foto : Carscoops.com)

halojapin.com. Saat ini pencurian mobil sport klasik sedang marak di Jepang. Di Prefektur Kanagawa ada 35 insiden pencurian dan percobaan pencurian mobil sport lama. Ada beberapa mobil sport klasik yang menjadi buruan para pencuri diantaranya adalah Nissan Skyline, Toyota Supra dan Honda NSX yang diproduksi antara 1989 hingga 2003.


Disebutkan sebagian besar mobil yang dicuri tidak dilengkapi dengan alat anti maling seperti kunci roda. Atas maraknya pencurian tersebut, petugas polisi menyarankan untuk menggunakan beberapa kunci diantaranya untuk setir dan ban. “hal tersebut sangat penting sebagai agar tidak mudah diambil karena perlu waktu. Jika waktu agak lama, hal meningkatkan kemungkinan orang-orang yang ada didekatnya menyadarinya,” kata pejabat itu.

Ada permintaan yang tinggi di luar negeri untuk mobil Jepang tua, didorong oleh penampilan mereka di film dan manga, serta kekokohan dan penampilannya yang keren.

Menurut pihak kepolisian Kanagawa nilai total pencurian lebih dari 100 juta yen atau sekitar 765.000 dolar. Pada September lalu, polisi menangkap dua tersangka atas dugaan percobaan pencurian setelah keduanya dipergoki akan mencuri mobil sport yang diparkir di sebuah bengkel mobil di Yokohama. Salah satu tersangka mengaku, mengatakan bahwa motivasi mereka adalah mencari uang, dan ada pasar untuk mobil model lama. Salah satu faktornya adalah nilai kendaraan yang melambung tinggi.

“Ada permintaan yang tinggi di luar negeri untuk mobil Jepang tua, didorong oleh penampilan mereka di film dan manga, serta kekokohan dan penampilannya yang keren. Harganya bervariasi melonjak untuk memenuhi permintaan,” Toshiyuki Yokoyama, seorang eksekutif dari Asosiasi Dealer Mobil Bekas Jepang cabang Kanagawa yang dilansir dari laman manaichi jp.

Yokoyama menambahkan bahwa bahwa mobil curian yang dijual ke luar negeri tersebut kemungkin dibongkar terlebih dahulu dan dikirim sebagai suku cadang. Setelah sampai tujuan baru kemudian dipasang kembali untuk dijual lagi.


Ketenaran mobil sport klasik Jepang mulai melambung setelah muncul dalam film “The Fast and the Furious” dan serial manga, anime, dan game “Initial D”. Polularitas mobil Jepang meningkat di luar negeri, khususnya di Amerika Serikat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *