Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Dubes RI Untuk Jepang Dorong Pengusaha Sapporo Menempatkan Pekerja Asal Indonesia

Foto : istimewa

HALO JAPIN. Berbagai kegiatan Indonesia Friendship Day (IFD) dilaksanakan di Sapporo, Dubes RI untuk Jepang bertemu dengan Walikota Sapporo. Dalam pertemuan tersebut Dubes menekankan pentingnya kerjasama ketenagakerjaan, pendidikan, dan riset antara Indonesia serta Kota Sapporo.

“Ini dapat dilakukan melalui skema penempatan pekerja berketrampilan khusus (Specified Skilled Workers). Hal lain adalah penjajakan kerja sama pendidikan, riset, atau lainnya. Khususnya dengan mengoptimalkan keberadaan dan peran Hokkaido Bio-Technology Industrial Cluster Farm,” kata Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi, Senin (20/6/2022).

Selain itu Heri mendorong pengusaha di Sapporo dan Hokkaido dapat merekrut SDM terampil dari Indonesia untuk bekerja di sektor careworkers, pertanian, konstruksi, hospitality, manufaktur makanan serta minuman

Kepada Dubes Heri, Wali Kota Sapporo Katsuhiro Akimoto mengatakan di kota tersebut banyak pelajar dan pekerja asal Indonesia. “Ke depannya kami siap berupaya untuk menyediakan lapangan pekerjaan, baik di sektor kesehatan, manufaktur, industri maupun sektor jasa,” ujar Katsuhiro Akimoto.

Pertemuan antara Dubes RI dengan Walikota Sapporo adalah bagian dari Indonesian Friend Day yang digelar di Sapporo pada 17–18 Juni 2022. Selain pertemuan tersebut Dubes juga melakukan kuliah umum di Universitas Hokkaido dengan topik Presidensi Indonesia di G20. Dalam kesempatan tersebut Dubes Heri Akhmadi menyoroti besarnya kesenjangan antara negara maju dan berkembang, khususnya dalam upaya penanggulangan pandemi. Kenyataan ini menjadi salah satu sebab yang mendorong Indonesia mengedepankan arsitektur kesehatan global sebagai salah satu isu utama.

Kegiatan terpadu ini merupakan kerjasama antara KBRI Tokyo dengan Konsul Kehormatan RI di Sapporo. Adapun rangkaian kegiatan IFD di Sapporo adalah pertemuan dengan Wali Kota Sapporo Katsuhiro Akimoto dan dengan Japan Agriculture Hokkaido-Persatuan Koperasi Pertanian Chuo-Kai. Selain itu kegiatan lainnya adalah kunjungan ke Rumah Sakit Tokushukai, pertemuan dengan Asosiasi Perikanan Sapporo, layanan kekonsuleran dan keimigrasian. Lalu ada forum promosi terpadu perdagangan, pariwisata, dan investasi (TTI) serta pertemuan dengan WNI di Sapporo

Dalam rangkaian kegiatan IFD di Sapporo ini, Fungsi Protokol Konsuler dan Atase Imigrasi KBRI Tokyo juga melakukan pelayanan bagi WNI di Sapporo dan sekitarnya. WNI yang hadir melakukan pelayanan penerbitan paspor baru dan perpanjangan paspor. Mereka juga mendapatkan pelayanan berupa konsultasi pernikahan, pembuatan Surat Keterangan Lahir, legalisasi, dan lapor diri di Portal Peduli WNI.

Sedikit informasi mulai Januari 2022, KBRI Tokyo meluncurkan program Indonesia Friendship Day. Ini merupakan program promosi TTI dan pelayanan publik terpadu di 11 kota di Jepang yaitu Osaka, Nagoya, Fukuoka, Sapporo, Sendai, Mito, Yokohama, Okinawa, Kesennuma, Kumamoto, dan Shizuoka. Tahun 2023, program IFD akan berlanjut dan diperluas melalui kerja sama lebih erat dengan kelompok diaspora dan friends of Indonesia. Termasuk di antaranya melalui penyelenggaraan Indonesia Japan Friendship Festival 2023.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *