Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Gara-Gara Unggahan Video, Netizen Jepang Protes Ukraina

Kaisar Hirohito

HALO JAPIN. Gara-gara unggahan yang menampilkan video Kaisar Hirohito dengan pimpinan Benito Mussolini, pimpinan fasis Italia dan Hitler pimpinan fasis Jerman, pemerintah Ukraina meminta maaf kepada Jepang. Video tersebut diunggah ke media sosial oleh akun resmi pemerintah Ukraina untuk membahas kekalahan fasisme.


Dalam video yang di dalamnya menampilkan foto Kaisar Hirohito bersama tokoh fasis dari Jerman dan Italia, Adolf Hitler dan Benito Mussolini, pemerintah Ukraina ingin menyatakan bahwa Rusia akan kalah dalam perang antara kedua negara jiran karena Moskow fasis.

“Permintaan maaf kami yang tulus kepada Jepang atas kesalahan ini. Kami tidak punya niat menyinggung orang-orang Jepang yang ramah,” bunyi pesan di akun Twitter pemerintah Ukraina, Seperti dilansir Kyodo News Senin 25 April.

Protes tersebut membuat pemerintah Ukraina menghapusnya dan mengunggah video yang baru tanpa memasukkan foto Hirohito, kaisar yang berkuasa di Jepang selama Perang Dunia II. Permintaan maaf dilontarkan karena unggahan tersebut mengancam dukungan besar yang diberikan Jepang terhadap Ukraina dalam melawan invasi Rusia.

Pemerintah Jepang bergabung bersama Amerika Serikat saat ini menjatuhkan sanksi terhadap Rusia, termasuk para pejabatnya seperti Presiden Vladimir Putin. Jepang juga telah mengirim peralatan militer tidak mematikan ke Ukraina. Selain itu Jepang membuka pintu perbatasannya untuk menampung pengungsi Ukraina, sebuah langkah yang sangat langka dilakukan Negara Matahari Terbit.

Kepala komisi kebijakan luar negeri Partai Demokrat Liberal Masahisa Sato dalam cuitannya mendesak Kementerian Luar Negeri Jepang untuk melayangkan protes terhadap pemerintah Ukraina. Sementara itu, para netizen mengungkapkan kegeraman di Twitter dengan mengatakan mereka kehilangan selera untuk mendukung Ukraina. ( sumber Kyodonews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *