Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

‘Gunmachan’ Maskot Jepang Timur Merambah Amerika

Boneka gunma chan ( Foto dok. sora24.com)

Pemerintah Gunma terus meluncurkan promosi maskot ini dengan mengadakan beberapa pameran dan bertemu dengan penggemar anime


halojapin.com. Gunma-chan karakter maskot Prefektur Gunma Jepang Timur mulai merambah pasar Amerika Serikat pada musim semi mendatang. Pemerintah Gunma terus meluncurkan promosi dengan mengadakan beberapa pameran dan bertemu dengan penggemar anime di negeri Paman Sam tersebut

Maskot Gunma chan memulai dikenal pada tahun 1983 ketika menjadi karakter maskot untuk acara olahraga yang diadakan di Gunma. Wujud dari desainnya adalah kuda dengan surai biru. namun kemudian berubah seiring dijadikan sebagai maskot dari pemerintah Prefektur Gunma. Utulah yang menyebabkan ada dua desain Gunma chan.

Versi lama Gunma Chan bisa dilihat gambar aslinya yang ada di sekitar Gunma, seperti di Gunmaken Bajikoen di Maebashi atau Bendungan Dodaira-gawa di Shimonita. Untuk versi terbarunnya banyak digunakan untuk promosi regional Prefektur Gunma.

Awalnya gunma chan diberi nama yuma-chan. Karakter ini pertama kali tampil resmi pada Turnamen Olahraga Nasional ke-3 tahun 1994. Yumna Chan menjadi maskot acara tersebut baru yang didesain oleh Fumiko Nakajima . Nama Yuma-chan dibuat dengan menggabungkan kata yuai (mengacu pada atlet disabilitas) dan Gunma. Dalam versi ini, Yuma-chan adalah kuda poni yang berjalan dengan dua kaki dan seharusnya merupakan versi aslinya.

Yuma-chan berganti nama menjadi Gunma-chan saat ini setelah pembukaan Pusat Gunma Sogo Joho, (pusat informasi umum) yang dibuka di Ginza, Tokyo, pada Juli 2008

Ketika hak diserahkan menjadi maskot prefektur gunma desainnya dirubah menjadi seperti sekarang ini. Selain versi klasik “anak laki-laki” yang memakai topi hijau, ada versi “perempuan” yang memakai pita, dan seterusnya.

Yuma-chan berganti nama menjadi Gunma-chan saat ini setelah pembukaan Pusat Gunma Sogo Joho, (pusat informasi umum) yang dibuka di Ginza, Tokyo, pada Juli 2008. Tempat ini kemudian menjadi dikenal sebagai Rumah Gunma-chan.

Prefektur memiliki anggaran lebih dari 125 juta yen pada tahun 2020 untuk mempromosikan Gunma-chan dan mereknya. Anggaran itu meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi lebih dari 329 juta pada tahun 2021.

Prefektur berencana untuk juga akan mempromosikannya di negara lain pada musim bulan April mendatang seiring penayangan anime tersebut di Amazon Amazon Prime Video dan layanan streaming lainnya.


Seperti diketahui prefektur Gunma juga akan meluncurkan aktivitas YouTube baru untuk anak-anak kecil menjelang peringatan 30 tahun debut Gunmachan pada tahun 1994. Rencananya adalah untuk mendistribusikan video nyanyian anak-anak maskot dan permainan tangan, dan pemerintah prefektur sedang mempertimbangkan untuk mengadakan pertunjukan panggung dan mengundang orang tua dan anak-anak yang telah menjadi penggemar Gunma chan.

Karakter tersebut telah menunjukkan sisi yang berbeda dari dirinya dengan melakukan rutinitas tarian yang intens di TikTok yang dimulai prefektur Oktober lalu. Dalam rencana anggaran awal untuk tahun fiskal 2023 yang diumumkan pada 3 Februari, pemerintah prefektur memasukkan anggaran terkait sebesar 330,89 juta yen (sekitar $2,5 juta) untuk proyek branding Gunmachan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *