Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Hadapi Persaingan, Toyota Kembangkan Kendaraan Listrik Generasi Baru

Toyota bZ4X mobil listrik buatan Toyota. ( Foto.toyota.astra.co.id)

halojapin.com. Pabrikan otomotif Toyota akan mengembangkan kendaraan listrik generasi baru pada tahun 2026 mendatang. Hal ini dilakukan Toyota untuk dapat bersaing dan mengejar ketertinggalan dari produsen mobil lainnya.


Menurut Presiden Toyota Motor Corp. Koji Sato, teknologi listrik terbaru dari perusahaannya dimulai dengan merek Lexus yang tergolong mobil kelas atas. “Kami sedang bersiap membuat kendaraan listrik baterai yang sesuai dengan Toyota dan Lexus,” kata Sato seperti dilansir dari laman Kyodo, Senin (13/2).

Sato juga mengatakan strategi yang dilakukan Toyota dengan kendaraan listriknya adalah untuk menawarkan banyak pilihan kepada pelanggan agar tidak berubah. Dia menekankan perusahaan akan lebih serius membuat mobil serba listrik.

“Kebutuhan kendaraan listrik baterai sangat tinggi di negara tempat bisnis Lexus beroperasi. Lexus akan memimpin upaya kendaraan listrik baterai kami, tapi ini bukan hanya masalah yang menjadi perhatian Lexus,” ujar Sato.

Seiring menghadapi peraturan lingkungan yang semakin ketat dan munculnya saingan baru, seperti Tesla, pembuat Toyota tersebut secara bertahap meningkatkan upaya kendaraan listrik dalam beberapa tahun terakhir.

Seperti diketahui Toyota telah pengembang Prius dan kendaraan penumpang hybrid pertama yang diproduksi secara massal di dunia. Namun pabrikan asal Jepang ini dianggap enggan untuk bergerak maju dengan peralihan menuju mobil serba listrik.

Seiring menghadapi peraturan lingkungan yang semakin ketat dan munculnya saingan baru, seperti Tesla, pembuat Toyota tersebut secara bertahap meningkatkan upaya kendaraan listrik dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu juga menetapkan tujuan untuk menjual 3,5 juta kendaraan listrik pada 2030.

Perusahaan ini juga menetapkan pengurangan karbon harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing negara. Mobil hybrid bisa menjadi solusi yang lebih baik di daerah di mana peralatan pengisian daya masih langka. Selain itu diharapkan mobil produksinya mampu mengurangi ketergantungan yang tinggi terhadap bahan bakar fosil.

Salah satu produk mobil listrik Toyota adalah jenis mobil listrik full Electric Vehicle (EV) yaitu Toyota bZ4X. Mobil yang rilis resmi di Indonesia tahun 2022 lalu juga digunakan pada perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Mobil tersebut menjadi mobil Indonesia pertama di Toyota yang menggunakan platform e-TNGA (Toyota New Global Architecture).***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *