Berita Jepang dan Indonesia Terkini

Hyakusecchin Toilet Kuno untuk Seratus Biksu

Sumber foto :kyotohotelsearch.com

halojapin.com. Sebuah mobil menabrak toilet kuno yang berusia ratusan tahun di jepang. Toilet di Tofukuji di Kyoto berasal dari abad ke-15 dan ditetapkan sebagai salah satu aset budaya yang penting. Bangunan tersebut berada di sebuah kuil Buddha yang berusia berabad-abad.


Akibat tabrakan tersebut pintu kunonya hancur setelah karyawan itu menginjak gas tanpa menyadari mobil itu mundur. Tidak ada yang terluka dalam peristiwa tersebut dan jamban yang ada di dalamnya tetap utuh. Disebutkan penabraknya adalah seorang yang bekerja di Kyoto Heritage Preservation.

Toilet umum yang tidak digunakan dibangun pada paruh pertama periode Muromachi (1336-1573) dan terletak di dalam kuil Tofukuji. Toilet kuno ini populer dengan nama “hyakusecchin”, yang artinya toilet 100 orang. Julukan diberikan karena toilet tersebut digunakan oleh lebih dari 100 biksu magang di kuil yang mempraktikkan disiplin diri religius.


Struktur yang toilet umum ini berisi barisan batu yang menahan sekitar 20 lubang melingkar berada di Tofukuji, sebuah kuil sekte Zen Rinzai di Kyoto. Ada dua jenis lubang, lubang yang dalam untuk limbah padat dan lubang yang lebih dangkal untuk buang air kecil

Toilet atau tosu dalam bahasa Zen, terletak di halaman kuil yang luas tepat di sebelah selatan aula meditasi. Tosu adalah aspek penting dari tradisi Zen dan termasuk di antara shichidōgaran, tujuh bangunan penting yang ditemukan di setiap kompleks Zen.

Di antara tujuh struktur, aula meditasi zen, bangunan pemandian yokushitsu , dan tōsu secara kolektif disebut sebagai sanmokud, atau “tiga ruang sunyi”, tempat di mana berbicara dilarang. Di kompleks Zen seperti Tōfukuji, bahkan tōsu adalah bagian dari disiplin ketat biksu Zen dalam pelatihan.
Toilet Tofukuji ini adalah salah satu bangunan penting yang dilindungi. Meskipun ditutup, pengunjung memperoleh izin untuk melihatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *