Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Indonesia Tawarkan Kerja Sama Tangani Zoonosis dengan Kampus Jepang

Delegasi KBRI Tokyo melakukan kunjungan ke Hokkaido University, Jepang ( Foto dok. Antaranews/KBRI Jeoang)

Kami menawarkan kerja sama pemetaan zoonosis di Indonesia, mengingat potensi bahaya zoonosis yang dapat menjadi pandemi di masa depan

halojapin.com. Kerjasama untuk meningkatkan pemahaman dan menangani zoonosis sedang dijajaki antara Indonesia dan Jepang. Saat ini Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Kementerian Pertanian menawarkan kerja sama pemetaan zoonosis tersebut dengan beberapa kampus Jepang.

Wakil Dubes RI di Tokyo John Tjahjanto Boestami menyebut kerjasama itu dalam bentuk pemetaan zoonosis. “Kami menawarkan kerja sama pemetaan zoonosis di Indonesia. Hal ini mengingat potensi bahaya zoonosis yang dapat menjadi pandemi di masa depan. Untuk itu kemajuan riset di bidang zoonosis Hokkaido University patut menjadi rujukan bagi Indonesia,” kata Boestami dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu Boestamu juga berharap kerja sama dengan kampus tersebut dapat membangun sistem pemantauan dan deteksi dini yang efektif. “Saya berharap juga kerja sama tersebut dapat peningkatan kapasitas sumber daya manusia di Indonesia dalam bidang kesehatan,” kata Boestami.

Sekedar informasi Zoonosis adalah penyakit dari hewan yang menular kepada manusia. Dalam zoonosis ada patogen dapat menular berupa bakteri, virus, parasit, dan jamur.

Dalam kunjungannya ke Hokkaido University Hadir pula dalam acara ini Atase Pendidikan dan Kebudayaan Yusli Wardiatno, Atase Pertanian KBRI Tokyo Muhammad Muharram Hidayat. Selain itu turut berserta rombongan adalah Kepala Pusat Pendidikan Pertanian dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pertanian Idha Widi Arsanti.

Zoonosis adalah penyakit yang ditularkan dari hewan kepada manusia di mana patogen yang ditularkan bisa berupa bakteri, virus, parasit, dan jamur.

Direktur International Institute for Zoonosis Control Ayato Takada menyambut rombingan KBRI Jepang. Ada pula Kepala Divisi Patologi Molekular Michihito Sasaki dan Direktur Institute for Vaccine Research and Development (HU-IVReD) Hirofumi Sawa.

Dalam kesempatan tersebut Hirofumi Sawa memaparkan hasil riset Fakultas Kedokteran Hewan pada Institut Pertanian Bogor (IPB). Isinya tentang temuan berbagai jenis virus yang ada beberapa jenis hewan di Indonesia. Boestami dan rombongan juga berkesempatan meninjau fasilitas laboratorium canggih di Hokkaido University.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *