Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Jak Japan Matsuri 2023 Memperdalam Ikatan Persahabatan Indonesia Jepang

JJM 2023 merupakan bagian dari perayaan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang dan 50 tahun hubungan Jepang-ASEAN

halojapin.com. Event Jak Japan Matsuri (JJM) 2023 telah selesai. Acara yang berlangsung dari tanggal 18 hingga 19 ini berlangsung meriah. Acara tersebut dibuka oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji dengan tema “Indonesia & Japan Always Together”.

Menurut Andika Permata, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta JJM 2023 merupakan bagian dari perayaan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang dan 50 tahun hubungan Jepang-ASEAN. “Dalam persahabatan Indonesia- Jepang kita temukan kekayaan budaya dan kehangatan hati. Seperti bunga sakura dan melati, kedua negara bersatu membentuk taman persahabatan indah yang dihiasi nilai-nilai kejujuran dan kerja sama yang abadi,” kata Andika.

Untuk itu ia berharap kedua negara terus menjaga kemitraan, mempererat hubungan, berbagi pemahaman dan peluang usaha serta merencanakan masa depan dengan optimisme. “Mari manfaatkan momen ini untuk menjalin erat hubungan dan menggali keindahan budaya kedua negara”, katanya.

Pengisi Jak Japan Matsuri

Sementara itu, salah satu pengunjung, Aurel Diksi yang mengenakan kostum Zoro dengan rambut bercat hijau mengaku ini pertama kalinya dia datang ke JJM. “Saya suka Jepang dan hari ini memakai kostum ala Zoro. Kalau tahun depan terselenggara lagi, saya datang,” kata warga Serang itu.

Pengunjung asal Jepang, Haruka, mengatakan selama acara JJM dia banyak berkomunikasi dengan warga Indonesia, menambah pengalaman tentang budaya kedua negara dan menemukan banyak makanan Indonesia. “Acaranya menarik. Orang-orang Indonesia sangat baik dan selalu tersenyum,” kata Haruka sambil menambahkan bahwa ia akan mengunjungi daerah lainnya seperti Bali.

Yayasan Jabat Hati Jepang Indonesia menjadi penyelenggara Jak-Japan Matsuri 2023 ini. Selani itu juga mendapatkan dukungan dari Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Misi Diplomatik Jepang untuk ASEAN serta Pemerintah ‎Provinsi DKI Jakarta. ‎

Acara Jak Japan yang bertempat di Gambir Expo, JIEXPO Kemayoran ini itu menyuguhkan seni budaya Jepang dan Indonesia. Salah satu yang unik adalah Mikoshi yakni semacam arak-arakan dengan puluhan orang yang memikul kuil kecil. Mikoshi ini biasanya tampil pada festival tertentu atau saat musim panas. Kemudian tarian Nusantara, Cosplay berbagai macam tokoh, mini konser dan sajian kuliner dari kedua negara turut memeriahkan acara tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *