Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Jepang Diminta Investasi di Proyek IKN

HALO JAPIN. Jepang diminta mendukung pembangunan ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Diharapkan Jepang juga meningkatkan investasinya di berbagai proyek strategis.


Hal itu dikatakan oleh Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel ketika berbicara dengan Ketua Delegasi Parlemen Jepang Tanaka Kazunori usai kunjungan kehormatan (courtesy call) Parlemen Jepang ke DPR RI.

“Saya membahas pertama tentang bagaimana peningkatan investasi Jepang di Indonesia. Tidak hanya investasi, tetapi untuk mendukung program-program Pemerintah Republik Indonesia, termasuk proyek-proyek strategis seperti IKN,” ujar Rachmat Gobel.


Dalam pertemuan itu, Delegasi Parlemen Jepang menyambut baik permintaan Indonesia. Rachmat Gobel menekankan bahwa Indonesia perlu terus meyakinkan Jepang, termasuk di antaranya pemerintah dan para pemodal di negara itu. “Saya kira ini akan menjadi positif buat mereka tinggal bagaimana kita bisa meyakinkan lebih jauh lagi dengan para investor di Jepang,” kata Wakil Ketua DPR RI itu.

Gobel mengakui selama COVID -19 komunikasi dengan Jepang, terutama pemerintah dan para investor mengalami kendala. “Komunikasi hanya mungkin dilakukan lewat sambungan virtual, sementara penjajakan untuk kerja sama hanya efektif dilakukan lewat tatap muka. Yang saya tahu, kalau dengan Jepang harus bertemu langsung, mesti dialog langsung menjelaskan untuk meyakinkan mereka (agar) mau investasi. Jadi harus lebih agresif kita menjelaskan,” katanya.

Untuk itu Rachmat Gobel akan mengunjungi Jepang dan menemui langsung para pengusaha setempat. Menurut rencana pertemuan tersebut akan menjelaskan mengenai pembangunan IKN yang menjadi salah satu proyek strategis nasional.

“Akhir bulan ini saya akan berangkat ke Jepang,” ujar dia. Ia menjelaskan Indonesia berharap para pemodal yang diharapkan berinvestasi di pembangunan IKN adalah mereka yang punya visi keberlanjutan (sustainability).

Menurut Gobel, Jepang, mempunyai komitmen terhadap pembangunan yang berkelanjutan. “Otomatis investasi Jepang itu mereka (perhatian) sekali dengan masalah iklim, misalnya dalam membangun kota, kita mendorong mereka untuk (terlibat) membangun smart city. Teknologi-teknologi mereka untuk smart city banyak sekali,” terangnya, seperti dilansir laman antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *