Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Karena Gempa di Ishikawa Tradisi Tahun Baru Kaisar Dibatalkan

HALOJAPIN.COM. Tradisi perayaan tahun baru oleh Kaisar Jepang dibatalkan. Hal ini karena adanya gempa bumi yang melanda wilayah Ishikawa dan sekitarnya pada 1 Januari 2024 kemarin. Menurut Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang rencananya akan menyelenggarakan acara perayaan Tahun Baru publik pada hari Selasa (2/1). Dalam acara tersebut akan hadir Kaisar Naruhito dan anggota keluarganya setelah gempa bumi besar yang melanda Prefektur Ishikawa dan sekitarnya.

Badan tersebut mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya telah memutuskan membatalkan acara tahunan itu. Pembatalan ini berdasarkan pemikiran kaisar dan Permaisuri Masako karena mempertimbangkan kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi. Selama acara tahunan tersebut, kekaisaran dan keluarga menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru kepada para masyarakat. Kaisar akan melambaikan tangan kepada mereka dari balik kaca di balkon Istana Kekaisaran di ibu kota.

Melansir laman NHK, Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako menerima ucapan Tahun Baru dari anggota keluarga Kekaisaran lainnya, pejabat tinggi, dan utusan asing pada sebuah upacara di Tokyo. Upacara tersebut berlangsung di Istana Kekaisaran di ibu kota pada Senin (01/01/2024).

Ketua Majelis Rendah Nukaga Fukushiro dan Wakil Ketua Majelis Tinggi Nagahama Hiroyuki menyampaikan ucapan kepada pasangan Kekaisaran. Sebagai balasannya, Kaisar mendoakan kebahagiaan rakyat dan pembangunan negara. Pasangan ini juga menerima ucapan dari para peserta upacara, termasuk Perdana Menteri Kishida Fumio, ketua Mahkamah Agung, dan sejumlah duta besar asing.

Anggota perempuan keluarga Kekaisaran mengenakan tiara pada upacara tersebut untuk pertama kalinya dalam empat tahun. Sebelumnya, mereka tidak mengenakan hiasan kepala karena situasi virus korona. Kaisar dan anggota keluarga Kekaisaran lainnya akan menyampaikan ucapan Tahun Baru kepada publik di istana pada Selasa (02/01/2024) namun akhirnya batal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *