Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

KBRI Tokyo Dorong Kerja Sama IIVOSMA dengan Sekolah Tinggi Teknologi di Jepang

KBRI Tokyo dorong kerjasama Universitas di Indonesia dengan pendidikan tinggi teknologi Jepang (foto dok. kemendikbudristek)

HALO JAPIN. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo memperkenalkan Program Indonesian International Vocational Student Mobility Award (IIVOSMA) yang baru saja diluncurkan oleh Kemdikbudristek. Salah satunya adalah dengan mengunjungi berbagai perguruan tinggi di Jepang untuk sosialisasi program tersebut.


Hal itu terungkap dalam kunjungan Atase Kebudayaan dan Pendidikan KBRI Jepang, Yusli Wardiatno saat berkunjung ke National Institute of Technology (NIT). Yusli berharap dari kunjungan tersebut beberapa Sekolah Tinggi Teknologi (KOSEN) dapat dijadikan mitra oleh perguruan tinggi di Indonesia.

Menurutnya, NIT telah mengorganisir sebanyak 51 Sekolah Tinggi Teknologi (KOSEN) di seluruh Jepang dengan lokasi 55 kampus, termasuk lima perguruan tinggi teknologi maritim. “KOSEN menyediakan sistem pendidikan tinggi yang unik dan sukses, di mana KOSEN mengemas pendidikan teknik utama lima tahun ditambah kursus lanjutan dua tahun, di bawah kerja sama yang erat dengan industri,” ungkap Yusli.

Ia menambahkan sangat mengapresiasi sistem ini mendorong alumni KOSEN menjadi sumber daya manusia (SDM) ahli teknik praktis dan kreatif tingkat atas. Sistem KOSEN sendiri adalah sistem pendidikan formal Jepang yang didirikan pada masa pertumbuhan ekonomi Jepang yang pesat dan merespons kebutuhan industri. Dan hal ini sangat sesuai dengan semangat Kampus Merdeka Vokasi yang terus mendorong link and match antara kurikulum pendidikan vokasi dengan kebutuhan industri.

“Selain itu, KOSEN sangat strategis dijadikan mitra program IIVOSMA, karena selain diakui secara internasional pada kualitas pelatihan kejuruan tingkat tinggi, tetapi juga karena respons cepat mereka terhadap kebutuhan industri Jepang, khususnya sektor manufaktur. Dengan fasilitas pelatihan yang lengkap, perguruan tinggi KOSEN Jepang mampu menjembatani kesenjangan keterampilan. Pengusaha di Jepang secara umum sangat ingin merekrut alumni KOSEN karena kepercayaan mereka terhadap lulusan KOSEN,” terang Yusli.

Adapun Bidang Pendidikan yang ditawarkan di KOSEN, antara lain Teknik Mesin dan Material, Teknik Kelistrikan dan Elektronika, Teknologi Informasi, Teknik Biologi dan Kimia, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, dan Teknik Kelautan/Maritim. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *