Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Kenalkan Tradisi, Kota Cianjur dan Kota Yachimata Jepang Jalin Kerjasama

halaman pendopo Kabupaten Cianjur ( Foto. wikipedia)

HALO JAPIN. Kota Cianjur dan Kota Yachimata sepakat untuk bekerjasama dalam pertukaran pelajar. Hal ini dengan tujuan untuk saling mengenalkan tradisi dan kebudayaan masing-masing daerah. Pertukaran pelajar ini, Kabupaten Cianjur diwakili oleh 10 orang siswa SMP Negeri 2 Cianjur.


“Kami sudah bertemu dengan dua orang perwakilan dari Jepang. Pertemuan pemerintah beda negara itu membahas mengenai persiapan program yang salah satunya memperkenalkan kebudayaan kota masing-masing melalui pertukaran pelajar SMP yang akan dilaksanakan November 2022,” kata Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman saat menyerahkan kepada perwakilan pertukaran pelajar internasional Yachimata, Jepang Mr Yoshida di Balai Garuda Pendopo Cianjur.

Adapun siswa yang dikirim ke Kota Yachimata akan belajar tentang kebudayaan dan tradisi di Jepang selama 10 hari. Para pelajar SMP ini didampingi guru dan penerjemah. Selama di Jepang keperluan siswa asal Cianjur akan ditanggung orang tua siswa asal Jepang yang datang ke Cianjur.

Herman melanjutkan bahwa tidak hanya pertukaran pelajar yang dilakukan kotanya, namun Pemkab Cianjur juga membicarakan studi tiru pertanian Jepang yang mempertahankan tradisi bertani yang saat ini sudah didukung dengan teknologi. “Jepang itu melarang mengimpor buah-buahan untuk mempertahankan dan mendukung petani lokal agar mendapatkan kesejahteraan dari hasil produk pertanian-nya,” kata Herman.

Sementara itu pemerintah Kota Yachimata Jepang sudah melakukan persiapan. Perwakilan Jepang sudah datang langsung ke Cianjur sebagai tanda keseriusan. Mereka juga telah melakukan sejumlah penilaian, bahkan telah membuat kantor promosi Kabupaten Cianjur di Kota Yachimata.

“Sebelum keberangkatan akan dilakukan pertemuan secara daring melalui zoom meeting antara siswa Cianjur dengan siswa Jepang. Setelah itu baru dapat dipastikan tanggal keberangkatan. Selama di sana siswa pertukaran akan mendapatkan berbagai pengetahuan,” katanya. Nantinya para siswa dari Jepang akan mendapatkan hal yang sama termasuk pengetahuan tentang ragam seni dan budaya di Cianjur seperti kacapi, mamaos dan lain-lain.

Yachimata adalah sebuah kota di Prefektur Chiba, Jepang . kota ini terletak di bagian utara-tengah prefektur Chiba, sekitar 20 kilometer dari ibu kota prefektur di Chiba, dan sekitar 50 hingga 60 kilometer dari pusat Tokyo. Kota ini terletak di Dataran Tinggi Shimosa, dengan ketinggian 14 hingga 70 meter di atas permukaan laut.

Bagian tengah kota secara geografis membentuk kawasan perkotaan, dengan dataran tinggi yang mengelilinginya, dan sawah yang tersebar di barat daya dan utara. Kota ini berjarak sekitar 7,7 kilometer dari timur ke barat dengan panjang 16 kilometer dari utara ke selatan. Kota ini terkenal dengan hutan penahan angin tradisionalnya, yang sekitar 179 hektarnya masih bertahan. ****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *