Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Kota Kimiichi Tawarkan Rumah Kosong Untuk Diambil Alih Secara Gratis

Foto dok. japannews.yomiuri.co.jp

HALO JAPIN. Rumah kosong di Kota Kimiichi, Prefektur Toyama Jepang ditawarkan secara gratis lewat online. Hal ini dilakukan pemerintah setempat setelah meluncurkan website yang memungkinkan rumah kosong dipindahkan ke penghuni baru secara gratis.


Pembuatan situs tersebut situs adalah untuk memberikan solusi terbaik terhadap rumah-rumah yang tidak berpenghuni. Dari proyek ini pemerintah Kota Kimiichi diharapkan dapat mencegah rumah-rumah tua dan tidak berpenghuni tersebut runtuh.

Salah satu yang mendaftar di situs tersebut adalah Toshio Nakahashi. Ia menyerahkan rumah kayu Kamiichi yang memiliki pihak lain. Rumah milik keluarganya tersebut telah tidak bernghuni selama lebih dari 10 tahun semenjak ibunya meninggal. Saat ini Toshio tinggal sendirian dan pindah ke panti jompo. “Saya ingin memberikan rumah saya. Tidak apa-apa saya tidak mendapatkan apa-apa untuk itu, ”kenangnya.

Menurut Nakahashi, ia tidak mampu membayar jutaan yen yang akan menjadi biaya pembongkaran. Jadi dia memilih memposting rumah miliknya itu di situs web kotamadya pada 1 April. “Saya pikir itu akan memakan waktu satu atau dua tahun. Saya lega,” katanya. Setelah rumah Nakahashi kosong, seorang pria dari Prefektur Toyama yang menandatangani kontrak menempatinya mulai tanggal 8 Juni. “Rumah tidak akan runtuh selama orang tinggal di dalamnya dan mengelolanya,” kata seorang pejabat kota Kamiichi di departemen konstruksi.


Dari data yang ada populasi Kota Kamiichi pada 1 Juli adalah 19.429. di kota tersebut pada Maret lalu ada 330 rumah kosong. Pemerintah kota telah menerima banyak pertanyaan dari warganya tentang bagaimana menangani masalah tersebut. Sementara itu, kota tersebut, yang hanya berjarak 30 menit berkendara dari Kota Toyama.

Menurut Survei Perumahan dan Tanah 2018, ada sekitar 8,49 juta rumah kosong di seluruh Jepang. Tingkat kekosongannya mencapai rekor 13,6% tahun itu. Tindakan yang dilakukan oleh pemerintah Kamiichi telah diterapkan secara nasional. Sebuah perusahaan real estate di Asahikawa, Hokkaido, telah membuat situs web di mana ia bertindak sebagai mediator, dan kota Okutama, Tokyo, telah mendirikan sebuah bank yang mirip dengan milik Kamiichi. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *