Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Kyoto University dan KNEKS akan Bangun Pusat Studi Islam di Jepang

Wapres Ma'ruf Amin di Universitas Kyoto Jepang. (Foto dok. Setwapres)

halojapin.com. Pusat Studi Islam akan dibangun di Jepang. Hal itu tertuang dalam Letter of Intent (LoI) yang dilakukan oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan Kyoto University di Symposium Hall, Kyoto University, Kyoto, Jepang.


Kesepakatan tentang pembangunan Pusat Studi Islam tersebut menjadi penutup dalam kunjungan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin yang berlangsung selama 5 hari. Wapres pun menegaskan bahwa ini salah satu bukti gerak cepat pemerintah dalam upaya membumikan ekonomi syariah, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga ke mancanegara.

Sebelumnya Wapres melakukan beberapa kegiatan yang terkait dengan ekonomi syariah termasuk industri halal selama di Jepang. Salah satunya bertemu dengan Chairman Ezaki Glico, meresmikan Masjid Istiqlal Osaka (MIO) dan MIO halal market, dialog dengan pelaku usaha industri halal di Jepang, bertemu dengan Gubernur Kyoto Takotshi Nishiwaki, dan bertemu dengan President University Kyoto Naghiro Minato.


Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi menjelaskan setiap lawatan ke luar negeri, Wapres selalu mengangkat isu ekonomi dan keuangan syariah. Termasuk, membangun jaringan ekosistem halal. “Jadi dalam berbagai kesempatan Wapres sebagai tokoh yang dikenal di bidang itu (industri halal dan ekonomi syariah), selalu dalam setiap kunjungannya ke berbagai negara digunakan untuk kepentingan jaringan hub halal dunia,” terang Masduki dalam keterangan tertulis, Kamis, 9 Maret 2023.

Sebelumnya Wapres melakukan beberapa kegiatan yang terkait dengan ekonomi syariah termasuk industri halal selama di Jepang


Diketahui, Jepang bukanlah negara pertama yang dikunjungi Wapres dalam misi pengembangan ekonomi syariah. Sebelumnya, Wapres juga telah berkunjung ke Singapura, Persatuan Emirat Arab dan Mesir dengan membawa misi yang sama.


Bahkan sebelum Osaka dan Kyoto, Wapres telah membangun jejaring ekonomi syariah di Tokyo, yakni ketika bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida pada saat menghadiri pemakaman PM Shinzo Abe beberapa waktu lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *