Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Lulusan SMK Bisa Belajar di Takayama College of Car Technology

Kunjungan ke Takayama College of Car Technology (foto dok. kemendikbud.go.id)

HALO JAPIN. Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diharapkan bisa bekerja di Jepang utamanya di bidang otomotif. Saat ini KBRI Jepang sedang menjajaki kerjasama dengan Takayama College of Car Technology yang akan mendidik para alumni SMK tersebut.


Hal itu terungkap ketika Atase pendidikan dan Kebudayaan KBRI Jepang, Yusli Wardiatno berkunjung ke Takayama College of Car Technology di kota Takayama. “Dengan kerja sama ini diharapkan ke depan akan ada pengiriman alumni SMK atau sekolah sederajat yang dididik di Takayama College of Car Technology selama 2 tahun untuk disiapkan untuk peningkatan SDM di Indonesia dari pendidikan vokasi sekaligus memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Jepang yang struktur penduduknya sangat didominasi oleh orang berusia lanjut,” ujar Yusli.


Menurut Yusli kerja sama semacam ini dapat memiliki dua target. Pertama adalah meningkatkan kompetensi alumni pendidikan kejuruan Indonesia melalui sekolah vokasi di luar negeri. Kedia adalah dan salah satu strategi memanfaatkan secara positif bonus demografi Indonesia bila selepas sekolah terserap pasar Jepang.


Sementara itu Rektor Takayama College of Car Technology, mengungkapkan bahwa tantangan terbesar sekolah vokasi Jepang adalah sedikitnya program yang ditawarkan dalam bahasa Inggris dan ketersediaan beasiswa dibanding sekolah pendidikan nonvokasi pada umumnya.


“Saya mengusulkan untuk membuat program khusus bagi warga Indonesia sehingga tidak harus menguasai bahasa Jepang dengan kemampuan Japanese Language Proficiency Test N-2 atau N-1, tetapi cukup misalnya hanya N-3 atau bahkan N-4,” tutur Rektor Sakai seperti dikutip dari laman kemendikbud.go.id.


Pada kunjungan kerjanya, diterima Rektor Sakai Susume, Direktur Tata Usaha Kawabata Haruhiko, Sekretaris Jenderal Sakashita Naotoshi dan Kepala Lab Pelatihan Suganuma Yoshikazu. Selain itu dalam kunjungan kerjanya ke Takayama, Atdikbud juga diterima Wakil Walikota Takayama Ryosuke Nishikura. Pada pertemuan tersebut, Wakil Walikota mengungkapkan komitmennya untuk mendukung kedatangan warga Indonesia melakukan studi di lembaga pendidikan yang ada di wilayahnya.


Dalam kesempatan tersebut Yusli yang menyatakan kekagumannya saat diajak berkeliling melihat fasilitas canggih Takayama College of Car Technology, baik ruang kelas, bengkel, asrama dan auditorium.***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *