Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Mengaji Kitab Kuning Salah Satu Kegiatan Ramadhan Muslimah Indonesia di Jepang

Mengaji kitab kuning secara virtual ( foto dok.pcinujepang.org.

HALO JAPIN. Salah satu kegiatan muslimah Indonesia di Jepang di bulan Ramadhan ini adalah mengaji kitab kuning secara virtual. Hal ini dilakukan oleh para diaspora Nahdliyyin yang tergabung dalam Pengurus Cabang istimewa(PCI) Muslimat NU Jepang bekerja sama dengan Pengurus Cabang Istimewa(PCI) Fatayat NU Jepang.


“Harapannya pertemuan ini dapat menjadi ajang untuk bermuwajahah dan bersilaturahmi, karena silaturahmi itu adalah ibadah yg sangat mulia bagi umat manusia”, ujar Ketua PCI Fatayat NU Jepang,” ungkap Dede Iis, Ketua PCI Fatayat NU Jepang saat memberikan sambutan.

Sementara itu Maryami Yuliana Kosim, M.Kep, Ketua PCI Muslimat NU Jepang, menyebutkan bahwa tujuan mengaji kitab ini adalah mencari ilmu. Selain itu juga berharap dapat menjadi salah satu amal ibadah di bulan Ramadhan. Maryami menambahkan pengajian kitab dengan membaca Kitab Fathul Qorib adalah mempelajari hal – hal dasar tentang ilmu fikih. “Tujuan secara khusus mengaji kitab Fathul Qorib, bab puasa adalah untuk media pembelajaran kita semua tentang puasa yang saat ini sedang kita jalani,” ungkapnya.”

Acara tersebut menghadirkan pemateri Dr. Nurlailiyah Aidatus Sholihah, Pengasuh Pondok Pesantren dan Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darussalam, Kunir, Subang. Dalam pemaparannya Dr. Nurlailiyah menjelaskan arti puasa mulai dari terminologi dan makna puasa, syarat wajib puasa, rukun puasa, hal yang membatalkan puasa,dan kesunahan puasa.

“Puasa sendiri memiliki arti kata Ramadhan berasal dari akar kata bahasa Arab ramiḍa atau ar-ramaḍ, yang berarti panas yang menghanguskan atau kekeringan. Adapun syarat wajib puasa adalah Islam, balig, berakal, dan mampu. Diluar ketentuan di atas tidak diwajibkan untuk melaksanakan puasa. Adapun rukun puasa yaitu Niat dan menahan diri dari hal yang membatalkan puasa,” paparnya seperti dilansir dari laman pcinujepang.org.

Acara mengaji kitab kuning Ramadhan tersebut berlangsung sangat interaktif, para peserta aktif bertanya tentang bab puasa. Sesi kedua acara kuliah Ramadhan akan dilaksanakan pada tanggal 24 April 2022.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *