Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Pengendara Skutik di Jepang Tak Lagi Perlu Lisensi

HALO JAPIN. Pengendara skutik atau skuter listrik di Jepang bisa bernapas lega. Pasalnya parlemen Jepang memberlakukan undang-undang yang menyebutkan pengendara skutik tak lagi perlu lisensi lagi. Aturan baru ini berlaku untuk skuter listrik dengan kecepatan maksimum 20 kilometer per jam.


Namun aturan itu masih menyebutkan anak di bawah umur 16 tahun masih dilarang mengendarai skutik. Di bawah sistem sebelumnya, skuter diklasifikasikan sebagai sepeda motor, yang memerlukan lisensi.
Peraturan terkait skuter listrik akan berlaku dalam dua tahun, sedangkan yang terkait dengan mengemudi otomatis akan dilakukan dalam waktu satu tahun.


Skuter listrik atau skutik adalah salah satu kendaraan ang populer di Eropa. Di Jepang minat terhadap motor ini juga semakin banyak. Kendaraan itu menyerupai skateboard ini dapat melaju kencang dan pengendaranya harus dengan helm. Dalam aturan baru ini para pengguna pada prinsipnya dapat berlari di jalur kendaraan dan sepeda dan juga akan diizinkan berjalan di trotoar selama mereka menjaga kecepatan hingga 6 km per jam.

Dalam amandemen tersebut juga mencakup aturan baru untuk layanan mobilitas otomatis “Level 4” seperti bus tanpa pengemudi yang rencananya akan diizinkan oleh pemerintah di dalam area yang ditentukan. Aturan ini bertujuan untuk mengizinkan layanan mobilitas otomatis, seperti bus otomatis, untuk mulai beroperasi dalam tahun fiskal 2022, yang berlangsung hingga Maret tahun depan.

Penyedia layanan harus menyerahkan rencana operasional mereka ke komisi keselamatan publik prefektur untuk disetujui dan mereka akan dihukum karena pelanggaran seperti tidak melaporkan kecelakaan.

Dikutip dari laman antaranews.com bahwa robot pengiriman otonom juga akan dapat beroperasi setelah pemberitahuan komisi keselamatan publik prefektur. Robot semacam itu akan didefinisikan sebagai robot yang ukurannya mirip dengan kursi roda listrik dan dengan kecepatan maksimum 6 kilometer per jam.

Pada mengemudi otonom Level 4, kendaraan dapat melakukan semua tugas mengemudi tanpa campur tangan manusia dalam area terbatas. Teknologi mengemudi otonom diklasifikasikan ke dalam lima level, mulai dari level 1, yang memungkinkan kemudi, akselerasi, atau pengereman menjadi otomatis, hingga level 5 yang sepenuhnya otomatis. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *