Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Miniatur Kastil Fukuyama Terkecil, Bisa Dilihat Hanya Melalui Mikroskop

Miniatur kastil fukuyama terkecil di dunia ( foto dok laman mainichi.jp.)

HALO JAPIN. Sebuah miniatur kastil terkecil di dunia dibuat di Jepang. Kastil Fukuyama dengan ukuran 0,217 milimeter ini dibuat oleh sebuah produsen suku cadang logam dan tidak terlihat oleh mata telanjang. Miniatur ini hanya bisa dilihat melalui mikroskop saking kecilnya.


Adalah perusahaan Castem Co. di Fukuyama, Prefektur Hiroshima yang menciptakan model miniatur pada skala 1/170.000 dari menara kastil yang sebenarnya yaitu berukuran tinggi 33,5 meter. Pembuatan miniatur kastil ini dengan menggunakan printer 3D khusus.

Model miniatur Kastil Fukuyama tersebut dibuat dengan ukuran yang kira-kira sama dengan ketebalan sehelai rambut. Dibuat dengan menggunakan printer 3D universitas dan resin khusus, dan permukaannya dilapisi dengan platinum kastil itu bisa dilihat dengan jelas menggunakan mikroskop. Tampak sekali terlihat jelas bahwa setiap ubin dan dinding batu telah dibuat dengan presisi.

Melansir dari laman manaichi.jp.com jika diproses lebih lanjut, tampaknya Kastil Fukuyama dapat direproduksi dengan ketinggian 0,2 mikrometer. Artinya model kastil 1.000 kali lebih kecil dari model miniatur yang ada saat ini.


“Sangat menggembirakan melihat tampilan teknologi tingkat tinggi Fukuyama. Saya ingin memamerkannya di Museum Kastil Fukuyama, yang akan dibuka setelah renovasi 400 tahun setelah kastil dibangun,”ungkap walikota Fukuyama Naoki Edahiro

Selama sekitar dua tahun terakhir, perusahaan telah bekerja sama dengan Universitas Sains Lanjutan Kyoto untuk mengembangkan teknologi di bidang pemindaian dan bahan 3D, dan memproduksi persediaan medis. Menurut Yuki Toda, manajer umum divisi bisnis perusahaan tersebut menjelaskan bahwa sungguh menyenangkan dengan model Kastil Fukuyama terkecil di dunia.


Kastil Fukuyama
adalah sebuah kastil yang menjadi tempat wisata yang berdiri di pusat Kota Fukuyama, Prefektur Hiroshima. Bangunan ini merepresentasikan kekayaan sejarah, budaya dan simbol Kota Fukuyama. Kastil Fukuyama dikenal sebagai salah satu dari 100 kastil terbaik di Jepang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *