Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Omotenashi, Pendarat Terkecil Siap Meluncur ke Bulan

Foto : JAXA /Kyodo

halojapin.com. Omotenashi menjadi kendaraan pendarat terkecil di dunia yang siap meluncur ke bulan. Rencananya kendaraan ini akan diluncurkan pada 16 November mendatang dengan naik roket Amerika.

Menurut Japan Aerospace Exploration Agency Omotenashi akan melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan EQUULEUS satelit nano Jepang yang menuju ke sisi jauh bulan. Kendaraan luar angkasa yang mempunyai panjang 11 sentimeter, lebar 24 cm, dan tinggi 37 cm ini akan mendarat di permukaan Bulan dengan kecepatan 180 kilometer per jam.

Badan antariksa Jepang atau JAXA memperkirakan kemungkinan 60 persen akan berhasil mengirimkan gelombang radio yang mencapai Bumi setelah tiba di permukaan bulan.

Omotenashi adalah singkatan dari Outstanding MOon exploration NAno Semi-Hard Impactor, adalah salah satu muatan sekunder Artemis I. Pesawat ruang angkasa kecil sejenis dengan pendarat semi-keras format 6U CubeSat yang akan mendemonstrasikan teknologi berbiaya rendah untuk mendarat dan menjelajahi permukaan bulan. CubeSat juga akan mengukur lingkungan radiasi di dekat Bulan serta di permukaan bulan. Omotenashi adalah kata dalam bahasa Jepang untuk “selamat datang” atau “Keramahtamahan”

Omotenashi akan menjadi salah satu dari sepuluh CubeSat yang akan dibawa dengan misi Artemis 1 ke orbit heliosentris di ruang cislunar pada penerbangan perdana Space Launch System (SLS )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *