Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Pemerintah Jepang Beri Bintang Jasa untuk Tiga Tokoh Indonesia

HALO JAPIN. Penghargaan dari pemerintah Jepang diberikan kepada beberapa tokoh Indonesia. Mereka dianggap berkontribusi dalam peningkatan hubungan antara Jepang dan Indonesia. Beberapa tokoh yang diberi penghargaan adalah Muhammad Jusuf Kalla (JK), Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan Yusron Ihza Mahendra.


Bintang tanda jasa Grand Cordon of the Order of the Rising Sun diberikan kepada Yusuf Kalla. Mantan wakil presiden ini oleh pemerintah Jepang ianggap berkontribusi meningkatkan hubungan persahabatan Jepang-Indonesia saat menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia.

“Selama masa jabatan tersebut, beliau secara konsisten membantu melakukan koordinasi atas berbagai hal yang sulit baik di dalam maupun di luar kabinet melalui kerja sama dengan kalangan politik dan ekonomi Jepang, sehingga memberikan kontribusi besar bagi peningkatan hubungan Jepang-Indonesia,” dikutip dari situs resmi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

Sedangkan tokoh lain yaitu Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mendapat kehormatan menerima The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star. Menurut pemerintah Jepang, penghargaan tersebut diberikan karena upaya Sultan membangun hubungan Yogyakarta dengan Prefektur Kyoto dan Prefektur Yamanashi.


Sri Sultan juga dianggap berjasa karena menyambut baik kunjungan Kaisar Jepang Akihito dan Permaisuri Michiko pada tahun 1991. Begitu pula dengan kunjungan Putra Mahkota Pangeran Akishino (Akishino-no-miya) dan Putri Mahkota Kiko pada 2008.

Adapun Yusron Ihza Mahendra mendapat The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star. Mantan duta besar Indonesia untuk Jepang ini dianggap berkontribusi dalam meningkatkan hubungan Jepang dan Indonesia.

“Bapak Yusron Ihza Mahendra merupakan Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang pertama yang memiliki kemampuan berbahasa Jepang yang tinggi sehingga memberikan kontribusi besar bagi peningkatan hubungan bilateral di berbagai bidang,” tutur Kedubes Jepang di Indonesia.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *