Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Pendaftaran “The 17th Japan International MANGA Award” Telah Dibuka

halojapin.com. Panitia The 17th Japan International MANGA Award telah membuka pendaftaran bagi peserta dari berbagai negara. Penerimaan karya-karya manga peserta kontes dapat bentuk fisik maupun PDF. Adapun pendaftaran mulai tanggal 14 April –hingga 7 Juli 2023.


Dalam kontes kali ini ada beberapa penghargaan. Untuk penghargaan tertinggi dalam gelaran tersebut adalah “The Gold Award”. penghargaan ini untuk 1 karya manga terbaik. Sedangkan penghargaan “The Silver Award” untuk 3 karya yang unggul. Selain itu ada penghargaan “The Bronze Award” yang akan diberikan kepada beberapa karya lainnya. Beberapa karya lain mungkin juga akan mendapatkan penghargaan khusus dari dewan juri.

Adapun Pemenang “Gold Award” dan “Silver Award” akan diundang untuk menghadiri upacara penghargaan dan rangkaian acara lainnya di Jepang selama kurang lebih 7 hari. Bagi yang mendaftar bisa langsung klik di https://www.id.emb-japan.go.jp/news23_16.html

Kontes ini sebagai bagian dari pemanfaatan budaya pop dalam diplomasi publik, pemerintah Jepang Penyelenggaraan Kontes Manga Internasional telah berlangsung semenjak tahun 2007. Penghargaan ini adalah untuk menghormati seniman manga yang berkontribusi dalam promosi manga di luar Jepang.

Bagi Kementerian Luar Negeri Jepang kontes manga internasional ini bertujuan untuk memperluas pertukaran internasional. Selain itu kontes ini menjadi ajang untuk saling pengertian melalui budaya manga yang telah menyebar secara luas ke seluruh dunia.

Acara ini adalah penghargaan kepada para seniman manga yang berkontribusi terhadap perkembangan budaya manga dunia. Pada tahun lalu kontes ini mencapai rekor. Ada 503 karya yang masuk dari 77 negara dan wilayah. Terdapat 15 karya yang terpilih pada tahun lalu. Pemenang Penghargaan Emas jatuh pada peserta dari Republik Korea. Sedangkan tiga pemenang Penghargaan Perak yaitu dari Prancis, Hong Kong, dan Taiwan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *