Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Pengalaman Jepang Kota Hijau Diharapkan Dapat Diterapkan di IKN

Wakil Ketua MPR RI Rachmat Gobel menerima kunjungan pengusaha Jepang ( Foto dok. Humas MPR)

Jepang memiliki pengalaman dalam pembangunan kota yang hijau, ramah lingkungan, dan menerapkan teknologi yang maju.

halojapin.com. Pengalaman Jepang dalam membangun kota hijau bisa diterapkan Ibukota negara Nusantara (IKN). Hal ini sangat cocok dengan konsep yang dikembangkan di Ibukota baru tersebut karena memang menerapkan tema kota yang ramah lingkungan.


Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel saat menerima rombongan pengusaha Jepang di rumah dinasnya di Jakarta (2/4). Gobel berharap Jepang dapat berpartisipasi dalam pengembangan Ibukota Negara Nusantara. “Jepang memiliki pengalaman dalam pembangunan kota yang hijau, ramah lingkungan, dan menerapkan teknologi yang maju. Jadi, sangat cocok jika Jepang berpartisipasi dalam pembangunan IKN,” ujar Gobel dalam keterangan tertulis

Delegasi sendiri dipimpin oleh Hiroto Izumi dan juga dihadiri penasehat senior The Building Center of Japan, Japan Bank for International Cooperation, serta Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi. Para pengusaha asal Jepang yang bertemu Rachmat Gobel itu tergabung dalam Japan International Association for the Industry of Building and Housing (IBH).


Kunjungan itu merupakan kelanjutan dari kunjungan delegasi Indonesia ke Jepang pada akhir Februari 2023. Delegasi Indonesia saat itu dipimpin Gobel yang didampingi jajaran dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Otorita IKN.

Di IKN para pengusaha Jepang berkesempatan melakukan kunjungan ke proyek pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi yang akan menyuplai kebutuhan air IKN. Mereka juga meninjau proyek pembangunan Istana Presiden dan hunian para pekerja konstruksi. “Ini menunjukkan keseriusan Jepang untuk berinvestasi dan terlibat dalam pembangunan IKN dan sebagai wujud persahabatan dan saling percaya antara kedua negara,” ujar Rachmat Gobel.


Menurut Gobel adanya ibukota baru tersebut selain mengurangi beban ekonomi dan bebas sosial yang ditanggung Jakarta dan kota-kota lain di Jawa, sekaligus juga untuk menciptakan pemerataan ekonomi bagi kawasan timur Indonesia. maka dari itu pembangunan dan pemindahan IKN dapat meningkatkan dan menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia. “Yang juga tak kalah strategisnya adalah konsep IKN ini akan menjadi model bagi kota-kota lain di Indonesia, khususnya soal konsep ramah lingkungan dan smart city,” jelasnya.

Gobel berharap agar masyarakat tidak terpaku pada sikap politik dalam melihat pembangunan dan pemindahan IKN, tetapi juga dilihat dari sisi sosial, ekonomi dan hal-hal strategis lainnya bagi masa depan Indonesia. “Ini akan menjadi warisan berharga bagi generasi muda Indonesia dalam membangun optimisme dan nilai-nilai yang bersifat progresif serta positif,” katanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *