Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Politeknik Banjarmasin Mendapatkan Kuliah Umum Tentang AI dari Prof Takuro Matsuo

Ilustrasi AI (Foto dok. wikipedia)

halojapin.com. Prof Takuno Matsuo yang merupakan Director of Research Center for AI and Service Science, Jepang memberikan kuliah umum di Kampus Politeknik Poliban Banjarmasin. Kuliah pengajar dari Advanced Institute of Industrial Technology ini berlangsung secara daring terkait dengan tema perkembangan Artificial Intelligence (AI).

Dalam penjelasannya Prof Takuro Matsuo memberikan pengertian tentang Artificial Intelligence (AI) itu sendiri secara detail seperti Artificial Narrow Intelligence dan Artificial General Intelligence. Selanjutnya ia membeberkan perkembangan industri tiap periode hingga di Era 5.0. Selain itu juga tentang visualisasi berdasarkan multidimensi dan seperti apa cara kerja AI di era industri sekarang.

Sementaara itu Prof Dr Ir Ford Lumban Gaol yang menjai pembicara juga melengkapinya dengan menjelaskan tentang tantangan-tanganan yang harus pada era AI tersebut. Prof Lumban mengungkapkan di tengah gempuran AI sekarang para mahasiswa atau individu harus memiliki keterampian terutama keterampilan tinggi sebagai inovator sebab jika tidak akan tereliminasi oleh perkembangan zaman.

Kuliah umum yang bertema The Future Of Business And Advertising In The AI Era berlangsung pada Senin (16/10) lalu dan bertempat di kampus politeknik Poliban di Banjarmasin. Wakil Direktur 3 Poliban Kalimantan Selatan Dra Nurhidayati menyebut para peserta kuliah umum dari Program Studi Manajemen Informatika dan Program Studi Teknik Informatika Poliban sangat antusias dengan hadirnya guru besar dari Jepang tersebut.

“Secara umum, AI merujuk pada program komputer yang rancangannya meniru kecerdasan manusia, termasuk kemampuan pengambilan keputusan, logika dan karakteristik kecerdasan lainnya,” ujarnya.

Kegiatan Politeknik Poliban

Nurhidayati mewakili Poliban mengucapkan terima kasih kepada para narasumber, utamanya Prof Takuro Matsuo dari Jepang yang berkenan berbagi pengetahuan mengenai AI kepada para mahasiswa Poliban.

Termasuk juga narasumber berkompeten lainnya, yakni, Head of Department of Doctor of Computer Science Chairman of IEEE Computer Society Indonesia Chapter, Bina Nusantara University, Prof Dr Ir Ford Lumban Gaol. Menurut dia, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa Poliban untuk didorong aktif dalam perkembangan teknologi menghadapi Era industri 5.0.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *