Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Prefektur Ishikawa Jepang Diguncang Gempa Bumi

Ilustrasi gempa bumi

halojapin.com. Prefektur Ishikawa, Jepang mengalami gempa bumi berkekuatan 6,5 Scala Richter. Namun pihak berwenang menyatakan peristiwa tersebut dengan peringatan tsunami. Gempa bumi tersebut menyebabkan satu orang meninggal dunia.


“Kami sedang memeriksa kerusakan pada bangunan dan warga setelah gempa melanda Prefektur Ishikawa,” ungkap Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno . Ia juga menjelaskan bahwa pemerintah telah mendirikan kantor penanggulangan bencana di sebuah pusat manajemen krisis yang diketuai perdana menteri negara. Hal tersebut dilakukan sebagai tanggap darurat bencana gempa.

Matsuno menambahkan bahwa warga Jepang harus selalu mewaspadai gempa dengan kekuatan guncangan di atas 6 atau lebih. Tidak ada laporan adanya situasi tidak normal di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Shika di Prefektur Ishikawa dan di PLTN Kashiwazaki-Kariwa yang ada prefektur Niigata,

Dalam tulisannya, laman japantoday.com melaporkan Pemerintah setempat tetap dalam siaga tinggi untuk gempa susulan dan hujan lebat setelah gempa. Gempa ini menyebabkan setidaknya satu orang tewas dan 27 lainnya luka-luka.


Terjad lebih dari 50 gempa susulan telah terjadi di daerah tersebut pada siang hari setelah gempa pertama. Menurut Badan Meteorologi Jepang telah memperingatkan bahwa gempa susulan yang kuat dengan intensitas yang sama dapat terjadi selama sekitar satu minggu.

Beberapa bangunan runtuh, dan tanah longsor telah terjadi di kota Suzu di ujung Semenanjung Noto menyusul gempa pada pukul 14:42 Jumat. Pihak berwenang juga memperkirakan akan terjadi hujan lebat selama akhir pekan. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko tanah longsor di daerah tersebyt. Badan cuaca mengatakan prefektur dapat melihat curah hujan hingga 30 milimeter per jam dari Sabtu malam hingga Minggu dini hari, dengan perkiraan hingga 120 mm untuk daerah Noto selama 24 jam hingga Minggu pukul 6 pagi.


Pemerintah Suzu mendirikan pusat evakuasi di kota. Sedangkan Gubernur Ishikawa Hiroshi Hase mengatakan akan meminta pemerintah pusat untuk membantu mengamankan perumahan bagi mereka yang terkena dampak gempa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *