Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Prefektur Oita Akan Membuka Pemakaman Muslim

Ilustasi kuburan umat muslim ( foto dok. .pngegg.com/)

Sekelompok Muslim yang ada di Kota Beppu, Provinsi Oita itu selama lima tahun terakhir berupaya membuka lahan untuk tempat pemakaman. Adapun letaknya ada di dekat Kota Hiji.

halojapin.com. Menurut rencana pemakaman muslim akan bediri di kota Beppu, Prefektur Oita. Hal itu terealisir setelah ada kesepakatan antara warga muslim dengan warga setempat.


Berdasarkan informasi yang dari kantor berita Jepang NHK, kelompok Muslim yang ada di Kota Beppu, Provinsi Oita itu selama lima tahun terakhir berupaya membuka lahan untuk tempat pemakaman. Adapun letaknya ada di dekat Kota Hiji.

Pada awalnya warga kota setempat menolak rencana tersebut. Mereka beralasan kemungkinan adanya polusi air tanah dan isu lainnya. Namun kedua pihak kemudian melakukan perundingan. Namun akhirnya ada kesepakatan lahan yaitu sebuah tanah milik kota yang terletak di pegunungan.

Menurut rencana perjanjian ini akan terselesaikan secepatnya pada Selasa (09/05/2023) ini. Dalam perjanjian terdapat beberapa pasal yang menyebutkan keharusan interval 20 tahun antara pemakaman pertama dan kedua. Jika ada banyak jenazah, maka akan dikubur dalam satu liang lahat.

Kemudian prosedur pembelian lahan itu akan terlaksana setelah selesai perjanjian kedua belah pihak. Namun, warga di Kota Kitsuki yang bertetangga dengan kota pemilik lahan menolak rencana ini. Mereka khawatir reputasi wilayahnya akan rusak, serta ketidakpercayaan terhadap otoritas dalam menangani masalah ini.

Jumlah Muslim Jepang

Dalam ajaran Islam, jenazah harus dikubur. Jenasah juga terlarang untuk dikremasi seperti kebiasan yang berlaku di Jepang. Tidak banyak lahan pemakaman yang menerima pemakaman dan Muslim di Jepang kesulitan menemukan lahan kuburan.


Pakar memperkirakan warga Muslim di Jepang mencapai sekitar 230.000 hingga akhir tahun 2019. Menurut seorang ahli Islam Jepang, Profesor Emeritus Hirofumi Tanada, ada sekitar 110 ribu hingga 120 ribu Muslim di Jepang pada 2010. Angka ini sekitar 1,6 persen dari populasi Jepang. Jumlahnya meningkat dua kali lipat dari 10 tahun sebelumnya. Kebanyakan Muslim Jepang adalah para pelajar dari luar negeri, imigran, dan pekerja dari negara-negara mayoritas Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *