Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Prof. Nakazawa dan Kazuo Hagimoto Pemenang Japan Prize 2023

halojapin.com. Japan Prize Foundation mengumumkan pemenang Japan Prize 2023. Kali ini penghargaan tertinggi diberikan kepada Prof. Masataka Nakazawa dan Mr. Kazuo Hagimoto, keduanya dari Jepang. Prof. Nakazawa dan Mr. Hagimoto diakui atas kontribusi mereka yang luar biasa terhadap jaringan serat optik jarak jauh global berkapasitas tinggi melalui pengembangan penguat optik semikonduktor yang dipompa laser. Keduanya meraih penghargaan bidang Elektronika, Informasi, dan Komunikasi

Untuk Japan Prize 2023, ada 15.500 ilmuwan dan insinyur terkemuka dari seluruh dunia yang terdaftar. Pihak panitia menerima 123 nominasi di bidang elektronika, informasi, dan komunikasi, dan 204 nominasi untuk bidang biologi. Pemenang tahun ini dipilih dari total 327 kandidat.

Pendirian Japan Prize pada tahun 1981 dilatarbelakangi oleh keinginan pemerintah Jepang untuk membuat penghargaan yang diakui secara internasional yang berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di seluruh dunia. Dengan dukungan berbagai donasi, Japan Prize Foundation mendapat pengesahan dari Kantor Kabinet pada tahun 1983.


Japan Prize diberikan kepada ilmuwan dan insinyur dari seluruh dunia, yang telah membuat pencapaian yang membantu memajukan bidang mereka dan berkontribusi secara signifikan untuk mewujudkan perdamaian dan kemakmuran bagi seluruh umat manusia. Para peneliti di semua bidang sains dan teknologi berhak atas penghargaan tersebut. Ada dua bidang dipilih setiap tahun dengan mempertimbangkan tren terkini dalam perkembangan sains dan teknologi.

Para pemenang akan menerima penghargaan, menerima sertifikat, medali, dan hadiah uang. Setiap upacara penghargaan dihadiri oleh Kaisar dan Permaisuri saat ini, kepala pemerintahan dan pejabat terkait lainnya, serta perwakilan dari berbagai elemen masyarakat Jepang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *