Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Remaja Jepang Serahkan Diri ke Polisi Karena Dicurigai Menyontek

HALO JAPIN. Karena dicurigai menyontek saat ujian, seorang remaja menyerahkan diri ke pihak kepolisian. Hal itu terjadi setelah adanya dugaan kecurangan dalam tes penerimaan mahasiswa baru di Univeritas pada 15 Januari lalu.


Remaja perempuan berusia 19 tahun tersebut menyerahkan diri ke Polisi di Prefektur Kagawa pada Kamis (27/2). Ia mengaku bahwa dirinya terlibat dalam pengiriman foto ujian kepada mahasiswa yang memberikan jawaban.


Departemen Kepolisian setempat akan mendengarkan laporan terperinci tentang kondisi dari remaja tersebut, yang tampaknya adalah peserta ujian di Prefektur Kagawa. Penyelidik mengatakan peristiwa ini terendus setelah remaja tersebut mengidentifikasi dirinya di media sosial sebagai siswi tahun kedua sekolah menengah yang meminta empat mahasiswa melalui Skype pada Desember lalu. Isinya tentang cara mempersiapkan ujian masuk perguruan tinggi yang biasanya diambil oleh siswa sekolah menengah tahun ketiga.


Dari tayangan aplikasi Skype terlacak pertukaran pesan antara seseorang yang meminta jawaban ujian dengan seorang mahasiswa Universitas Tokyo. Menurut sumber pertanyaan tes yang dikirim dalam bentuk foto melalui Skype sama dengan pertanyaan-pertanyaan pada tes yang sedang dilakukan.

Namun mahasiswa mengatakan bahwa mereka tidak menyadari bahwa pertanyaan-pertanyaan itu berasal dari tes yang sebenarnya. Pihak berwajib di Jepang saat ini sedang menyelidiki kasus dugaan penipuan setelah menerima laporan dugaan kecurangan Ujian Masuk Universitas. Beberapa mahasiswa yang memberikan jawaban melaporkan aktivitas mencurigakan kepada administrator tes.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *