Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Koleksi Busana Digital Jepang Ada di Paris Fashion Week 2022

Foto : boudoirnumerique.com

HALO JAPIN. Sebuah terobosan dilakukan oleh label fashion Jepang Anrealege. Koleksi busana digital mereka masuk dalam Paris Fashion Week untuk Musim Semi dan Musim Panas 2022.Produknya Anrealege ini bisa dinikmati layaknya menikmati panggung fashion di dunia nyata. Karya mereka adalah gabungan dengan film anime yang berjudul “Ryu to Sobakasu no Hime.”


Selama pertunjukan, avatar model fesyen digital muncul dan berjalan di landasan di ruang virtual. Model langsung naik ke panggung, muncul dari layar dengan koleksi busananya. “Ada lebih banyak kebebasan dalam mendesain pakaian animasi daripada pakaian biasa. Saya bahkan bisa mengubah warna mereka setiap detik,” kata Morinaga pendiri Anrealege.


Morinaga dikenal aktif menggabungkan teknologi terkini. “Saya bekerja dengan gagasan bahwa meskipun [pakaian] tidak memiliki bentuk fisik, fashion itu sendiri pasti akan meninggalkan kesan. Itu adalah pengalaman yang segar dan menarik bagi saya,” tambahnya.


Dalam pameran busana digital kali ini ia menggabungkan aspek-aspek dari film animasi terbaru Mamoru Hosoda “Ryu to Sobakasu no Hime (Bele)”. Hal ini yang membuat label tersebut menjadi pembicaraan hangat.


Morinaga mendesain pakaian, baik digital maupun fisik, dengan kombinasi pola segitiga dan kemampuan untuk berubah warna dalam sekejap saat dimandikan dalam kilatan cahaya. Gaun dengan pola segitiga dikenakan oleh model langsung, depan, dan avatar digital.


“Presentasi digital benar-benar berbeda dari pertunjukan langsung. Di mana pertunjukan langsung diberikan untuk audiens dengan jumlah orang terbatas, pertunjukan digital memungkinkan semua orang untuk melihat koleksi secara objektif. Pertunjukan digital dapat menjadi kesempatan untuk menciptakan emosi dan pengalaman baru,” katanya.


Morinaga mendirikan Anrealage pada tahun 2003. Label ini merupakan kombinasi dari “yang nyata,” untuk mewakili yang biasa, yang “tidak nyata,” untuk yang luar biasa, dan “usia,” untuk mengekspresikan sebuah era. Meskipun Anrealage telah ambil bagian dalam Paris Fashion Week sejak 2014, beberapa koleksi terbaru Anrealage telah dipamerkan secara online akibat dampak dari pandemi COVID 19.


Seperti namanya, Morinaga telah bereksperimen dengan teknologi terbaru dalam industri fashion dengan berkolaborasi dengan orang-orang di berbagai industri. Salah satu diantaranya dengan teknologi digital. Bahkan koleksi online terbaru mereka telah melampaui ekspektasi Morinaga sendiri dengan mengumpulkan lebih dari 1 juta tampilan.


Salah satu proyek baru Anrealege adalah dengan menjualnya di token nonfungible (NFT). Karya mereka di NFT ada total 11 dibeli oleh Museum Naruto NFT di Naruto, Prefektur Tokushima dengan harga jutaan.

Respon (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *