Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Robot Kachaka, Robot yang Bisa Membantu Pekerjaan di Rumah

Robot Kachaka mampu menggantikan pekerjaan rumah ( Foto dok. pfrobotics.jp)

halojapin.com. Sebuah perusahaan Jepang meluncurkan robot yang dapat membantu pekerjaan rumah meluncur di Jepang. Namanya robot Kachaka. Robot buatan Jepang ini diklaim mampu mengganti pekerjaan rumah seperti mengantar makanan dan minuman. Robot ini juga dapat membawa buku dan majalah kepada pemiliknya, yang dapat menentukan waktu pengiriman barang setiap hari.


Menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) ini mampu bekerja sesuai dengan perintah verbal. Desain khusus robot buatan Preferred Robotics Inc menjadikannya dapat mengantarkan objek ke lokasi tertentu yang ada di rumah. Namun objek tersebut harus terdaftar sebelumnya pada aplikasi setelah objek diletakkan di meja dan diberi perintah.


Pada robot berbentuk persegi panjang ini terdapat perangkat seukuran penyedot debu. Selain itu robot Katacha ini terdapat roda kastor, sensor dan kamera. Perangkat canggih inilah yang membuat robot tersebut tidak akan menabrak tembok, perabotan, atau hambatan lainnya. Namun robot ini belum dapat melewati tangga.


Dengan berat 10 kilogram, robot ini dapat membawa barang hingga 20 kg, termasuk meja yang terpasang di atasnya. Robot ini bergerak dengan kecepatan maksimal 80 sentimeter per detik. Teknologi AI yang ada mampu menganalisis gambar dari kamera untuk menemukan orang atau perabotan yang ada dalam ruangan. Selain itu perangkat AI ini mampu memutuskan rute terbaik yang harus ia lakukan.


Preferred Robotics berharap penggunaan robot ini akan mempersingkat menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Perusahan tersebut juga menyebut penggunaan robot Kachaka ini penggunaanya aman untuk dirumah.


Robot ini dilengkapi dengan meja berlaci ganda atau tiga dan berharga mulai dari 251.800 yen (Rp26,8 juta). Pengguna juga perlu membayar 980 yen (Rp104 ribu) per bulan untuk aplikasi robot tersebut.


Preferred Robotics adalah anak perusahaan dari Preferred Networks Inc., salah satu dari sedikit perusahaan “unicorn” Jepang. Perusahaan yang berbasis di Tokyo ini berdiri pada tahun 2014. Perusahaan tersebut bertujuan untuk menyediakan robot-robot yang membantu manusia melalui teknologi AI dan superkomputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *