Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Robot Raksasa ARCHAX Sudah Mulai Dijual dengan Harga 2,67 Juta Dolar

ARCHAX robot yang bisa dipiloti manusia kini mulai dijual ( Foto dok.www.tsubame-hi.com)

Robot rakasasa yang dapat dikemudikan manusia ini mempunyai mempuyai tinggi 4,5 meter dengan berat 3,5 metrik ton.

halojapin.com. Robot raksasa yang dapat dioperasikan manusia lewat kokpit mulai dijual di Jepang. Sebuah perusahaan starup bernama Tsubame Industries menjual robot bernama ARCHAX tersebut dengan harga 2.56 juta dolar atau setara dengan 400 juta Yen.

Robot raksasa ini tampil dalam Japan Mobilty Show 2023 mulai melakukan penjualan pada September tahun ini. Robot ARCHAX mempuyai tinggi 4,5 meter dengan berat 3,5 metrik ton. Adapun bahannya terdiri atas baja dan paduan aluminium. Dalam pembuatannya menggabungkan teknologi yang digunakan dalam desain mesin industri konstruksi dengan memperhatikan faktor keamanan.

Pengemudinya ada di kokpit dapat bebas mengoperasikan lengan dan tangan robot. Dalam kokpit terdapat monitor yang menampilkan gambar dari sembilan kamera. Tidak ada jendela di kokpit. Namun gambar dari sembilan kamera yanga ada pada tubuh robot. Ada empat monitor pada kursi operator. Saat operator menggerakkan robot dengan joystick , bidang pandang optimal untuk kontrol akan tampil secara otomatis.

ARCHAX ini tidak untuk berjalan di jalan yang kasar. Saat kemiringannya mencapai 3 derajat, maka rambu peringatan akan berbunyi. Uniknya saat kemiringan mencapai 5 derajat, robot berhenti. Meskipun ukurannya besar, namun robot ARCHAX ini mampu mengambil botol plastik kosong tanpa menghancurkannya. Selain itu ada roda pada keempat kakinya. Roda depan dan belakang bergerak secara terpisah untuk menurunkan tinggi robot.

Untuk operator tidak memerlukan lisensi. Akan tetapi perusahaan akan memberikan pelatihan kepada pembeli untuk menunjukkan kepada mereka cara menggunakan robot tersebut. Ketika dalam mode kendaraan dapat melaju dengan kecepatan hingga 10 kilometer per jam, sedangkan dalam mode robot dapat melaju hingga 2 kpj.

Laman mainichi jp menulis Tsubame Industries sendiri memprioritaskan pesanan domestik. Perusahan yang berbasis di Daerah Edogawa Tokyo hanya membuat lima pesanan robot saja. Untuk mendapatkan robot raksasa ini Anda harus merogoh kocek sekitar 400 juta yen atau 2,67 juta dolar. Pembelian ini sudah termasuk pelatihan dan pemeliharaan selama satu tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *