Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Roket Air Terbesar di Dunia Diluncurkan di Jepang

Foto : guinnessworldrecords.com.

halojapin.com. Sebuah roket air terbesar di dunia yang terbuat dari busa plastik diluncurkan di Jepang. Uniknya roket buatan tangan ini dikerjakan oleh siswa disabilitas. Dengan panjang 7,72 meter dan berdiameter 72, 5 sentimeter ini tercatat dalam Guinness World Records sebagai “roket air terbesar”.


Roket berbentuk silinder ini bahannya adalah busa plastik setebal 1, 6 sentimeter. Roket ini meluncur setelah diisi tujuh botol plastik 12 liter dengan air dan udara yang telah terkompresi. Kekuatan udara yang mendorong air keluar sebagai tenaga penggerak.

Dilansir dari laman manaichi jp. dalam pembuatan melibatkan sekitar 10 siswa berkebutuhan yang berusia 13 hingga 30 tahun. Mereka dibantu oleh anggota dari Showa Gakuen, sebuah organisasi nirlaba berbasis di Tokyo yang terlibat dalam pendidikan kebutuhan khusus.

Bertempat di taman kota Taiki, Hokkaido roket berhasil diluncurkan dengan ketinggian 16,78 meter, jauh di atas ketinggian 5 meter yang dipersyaratkan untuk sertifikasi. “Fakta bahwa mereka mewujudkan impian besar mereka untuk menjadi peringkat 1 dunia dan berhasil mengatasi berbagai kegagalan akan meningkatkan harga diri mereka dan memperkaya kehidupan mereka di masa depan, ” kata Katsutoshi Mizukawa, 50, seorang guru di Showa Gakuen.

Penghargaan Guinness World Record ini diterima 14 Oktober. Disebutkan sebelum dipecahkan pemegang rekor roket air terbesar adalah roket sepanjang 4, 04 meter yang diluncurkan oleh program TV Kanada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *