Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Salju akan Dijadikan Sumber Energi Listrik di Jepang

Salju di kota Aomori Jepang akan dijadikan energi listrik . ( Foto : aomori-tourism.com)

halojapin.com. Sebuah penelitian dilakukan untuk membuat energi listrik berbasis salju. Proyek bersama antara perusahaan IT lokal Forte Co. dan University of Electro-Communications sedang mengeksplorasi salju yang tidak didinginkan sebagai penggerak turbin pembangkit listrik.


Proyek pemanfaatan salju ini sebagai bagian untuk mengamankan sumber energi terbarukan untuk menutupi potensi kekurangan daya. Kota Aomori dipilih karena adanya salju lebat setiap tahunnya. Para peneliti sedang memulai uji coba di kolam renang di sebuah sekolah dasar yang ditinggalkan pada bulan Desember lalu.

Di Aomori, sejumlah besar salju dibuang ke laut dan tempat lain setelah dikumpulkan oleh kendaraan pengeruk salju dan truk. Pada tahun fiskal sebelumnya yang berakhir Maret lalu, biaya pemindahan salju membengkak hingga mencapai rekor 5,9 miliar yen ($44,6 juta) setelah hujan salju lebat. “Salju telah diperlakukan sebagai gangguan, tetapi kami dapat memanfaatkannya dengan baik,” kata seorang pejabat kota.


Peneliti ini mulai mengeksplorasi kelayakan salju menghasilkan energi listrik dengan memanfaatkan perbedaan suhu antara salju yang tersimpan dan udara di sekitarnya. Saat ini sedang diuji coba bagaimana turbin dapat digerakkan oleh energi yang dihasilkan ketika cairan salju yang didinginkan dan tersimpan kemudian diuapkan oleh panas udara di sekitarnya.

Pada 16 Desember, sekitar 10 pekerja Forte menempatkan bahan isolasi di dalam kolam untuk menjaga tumpukan salju tetap dingin. Penelitian lebih lanjut untuk melestarikan salju serta jumlah listrik yang dapat dihasilkan akan dilakukan sebelum produksi listrik dimulai pada musim semi.

Menurut Forte salah satu tantangan yang dihadapi adalah menemukan fasilitas berskala besar untuk menyimpan salju serta mengamankan udara panas selama musim dingin. Untuk mendapatkan perbedaan suhu yang besar, perusahaan akan mempertimbangkan untuk menggunakan panas dari sumber air panas. “Ini adalah sumber energi terbarukan yang unik di wilayah dengan salju lebat. Ini juga akan mengarah pada penciptaan industri baru,” kata Jun Kasai, kepala Forte. Proyek ini merupakan kolaborasi antara perusahaan bernama Forte Co. dengan University of Electro-Communications Tokyo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *