Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Sebuah Aplikasi dibuat untuk Melindungi Kucing Langka Jepang

Kucing Iriomote kucing langka Jepang yang dilindungi

Sebuah aplikasi dibuat kucing langka bernama Iriomote ini terancam punah karena sering tertabrak kendaraan yang melintas.

halojapin.com. Sebuah aplikasi smartphone dibuat untuk melindungi kucing langka di Jepang. Aplikasi tersebut diperuntukkan pada pengemudi. Tujuan aplikasi ini adalah menyelamtkan kucing langka bernama Iriomote yang terancam punah karena sering tertabrak kendaraan yang melintas.

Adalah perusahaan suku cadang mobil besar Denso Corp., yang mengembangkan aplikasi tersebut. Aplikasi mampu mendeteksi tempat-tempat dengan risiko kecelakaan lalu lintas yang lebih tinggi di pulau.

Aplikasi Denso menggunakan sistem penilaian untuk mendorong pengemudi mengemudi dengan aman. Melalui sensor smartphone dan GPS, aplikasi ini dapat mengumpulkan berbagai data berkendara penggunanya, seperti kecepatan berlebih, akselerasi mendadak, dan pengereman mendadak.

Saat ini pemerintah menyebut hanya ada sekitar 100 kucing Iriomote. Tidak salah kalau kucing Iriomote masuk dalam daftar merah spesies terancam punah oleh Kementerian Lingkungan Jepang. Menurut penjaga konservasi alam di pulau itu, satu hingga tujuh kucing Iriomote telah terbunuh dalam kecelakaan lalu lintas setiap tahun sejak tahun 2000. Pada tahun 2022, empat kucing mati di jalan. Kecelakaan yang banyak terjadi setelah gelap menjadi faktor utama penurunan populasi kucing.

Populasinya Terus Menurun

Berdasarkan data, Pusat Konservasi Margasatwa Iriomote akan bekerja sama dengan pemerintah prefektur Okinawa dan lainnya untuk mengambil langkah-langkah perlindungan kucing, seperti memasang rambu-rambu jalan di tempat-tempat dengan risiko kecelakaan tinggi.

Saat ini, sekitar 30 hingga 40 penduduk di pulau tersebut berpartisipasi dalam proyek tersebut. Denso juga akan membagikan hadia untu pengguna aplikasi in. Siapa pun yang menginstal aplikasi dapat mengambil bagian dalam proyek ini, yang akan berlanjut hingga Maret tahun depan.

Nama Jepang untuk kucing ini adalah Iriomote-yamaneko yang berarti “kucing gunung iriomote”. Adapun nama lokalnya adalah yamamaya atau kucing di gunung. Nama lainnya adalah yang artunya bersinar di gunung.

Jenis kucing yang hidup di Pulau Iriomote di Prefektur Okinawa menjadi salah satu hewan langka . Kucing iriomote atau Prionailurus bengalensis iriomotensis merupakan subspesies kucing kuwuk endemik pulau tersebut. Kucing iriomote masuk ke dalam kategori kritis oleh IUCN sejak tahun 2008. Populasinya berjumlah kurang dari 250 ekor dan terus menurun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *