Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Tahlil Akbar Untuk Para Pahlawan di Jepang


HALO JAPIN. Tahlil akbar digelar di Jepang untuk mendoakan para pahlawan sekaligus memperingati HUT RI ke 77. Acara tersebut diselenggarakan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) yang berlangsung pada Kamis (18/8).


Menurut Ketua Tanfidziyah PCINU Jepang, Achmad Gazali, acara doa bersama selain untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur juga sebagai rasa syukur bahwa negara Indonesia sudah merdeka selama 77 tahun. “Negara kita sudah berusia 77 tahun merdeka dan kita bisa menikmatinya sampai hari ini. Semoga bisa mengisinya dengan hal-hal yang positif bagaimana ke depan menjadi manusia yang lebih baik untuk bangsa dan negara kita,”ungkapnya.

Acara dipimpin oleh Wakil Rais Syuriah PCINU Jepang Mahmud Sulaiman membuka doa dengan memimpin membacakan surat Al Fatihah. “Untuk wali songo dan para pahlawan yang berbakti pada Bangsa Indonesia, Al Fatihah,” katanya.

Kemudian, acara diikuti dengan pembacaan surat Yaasin yang dipimpin oleh Ketua Tanfidziyah PCINU Jepang Achmad Gazali. Rangkaian doa pun dilanjutkan oleh Atase Kehutanan KBRI Tokyo Zahrul Muttaqin.

Doa bersama diikuti oleh jamaah PCINU di seluruh wilayah Jepang baik secara luring maupun daring. Kegiatan itu pun juga diikuti oleh anggota Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) Masjid Indonesia Tokyo (MIT). Acara tahlil akbar ini berlangsung dengan hikmat.

Tahlil akbar menyusul rangkaian kegiatan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI, mulai dari upacara bendera, pertunjukan seni, lomba-lomba, pawai serta kunjungan Duta Besar RI untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi ke Monumen Soekarno di Pekarangan Seisho Ji, Tokyo.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Heri mengajak warga negara Indonesia (WNI) di Jepang untuk bangkit lebih kuat dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan ancaman resesi ekonomi global.

Kunjungan ke Monumen Soekarno juga merupakan bentuk penghormatan bagi kedua warga Jepang, yakni Ichiki Tatsuo dan Yoshizumi Tomegoro, yang telah dianggap sebagai pahlawan kemerdekaan Indonesia, sekaligus untuk menghidupkan kembali semangat bahwa kemerdekaan yang telah diperjuangkan bangsa Indonesia adalah milik semua umat manusia. (sumber antaranews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *