Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Tokyo Kembali Meraih Peringkat Ketiga dalam Global Power City Index (GPCI)

Tokyo kembali meraih peringkat ketiga dalam Global Power City Index (GPCI). Keberhasilan ini merupakan kedelapan kalinya secara berurut-turut.

halojapin.com. Tokyo kembali meraih peringkat ketiga dalam Global Power City Index (GPCI). Keberhasilan ini merupakan kedelapan kalinya secara berurut-turut. Ibu kota Jepang ini naik peringkat dalam indeks kelayakan huni namun merosot ke peringkat terendah dalam hal perekonomian. Penurunan ini disebabkan oleh belum membaiknya Tokyo dalam beberapa bidang seperti pertumbuhan ekonomi dan tarif pajak perusahaan.

Belum lama ini Institut Strategi Perkotaan Mori Memorial Foundation mengeluarkan data 10 kota teratas yang tercantum dalam Global Power City Index. Hasilnya peringkat pertama dalam global Power Cuty Index adalah kota London, Inggris. Kemudian menyusul kota New York, Amerika Serikat. Setalah itu kota Tokyo menduduki ranking ketiga. Dubai yang memulai debutnya masuk sepuluh ebsar dalam indeks ini dengan menggantikan Shanghai. Dubai yang menduduki peringkat ke-11 pada tahun lalu, melonjak ke peringkat kedelapan.

Global Power City Index (GPCI)

Sekedar informasi Institute for Urban Strategies dari Mori Memorial Foundation adaah badan penelitian yang didirikan oleh Mori Building. Badan ini merupakan pengembang perkotaan terkemuka di Tokyo, pada hari Kamis mengumumkan laporan Global Power City Index (GPCI) 2023 tentang kekuatan keseluruhan dari 48 kota besar di dunia. Tidak ada perubahan dalam peringkat dari peringkat 1 ke peringkat 7, dan Tokyo (peringkat ke-3) dan Paris (ke-4) tetap berdekatan, tidak ada yang mampu meningkatkan skor mereka dari tahun lalu.

Di antara 10 kota teratas lainnya, Dubai naik dari peringkat 11 ke peringkat 8, menjadi kota Timur Tengah pertama yang masuk dalam 10 besar, sementara Shanghai turun dari peringkat 10 ke peringkat 15 dan Berlin turun dua peringkat ke peringkat 10. London (peringkat 1) dan Singapura (peringkat 5) meningkatkan skor mereka dengan memperbarui kekuatan yang mengalami stagnasi selama pandemi.

Laporan Mori Memorial Foundation tahun ini juga mencakup indeks baru, “GPCI–Financial Centers.” Data ini adalah turunan dari GPCI dan mencerminkan semakin pentingnya langkah-langkah kota-kota besar untuk meningkatkan status mereka sebagai pusat keuangan internasional. Laporan tahun ini mengurutkan daya saing 48 kota GPCI dalam fungsi ini, menggunakan total 14 indikator dalam empat kategori.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *