Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Universitas Meiji Kembangkan Sumpit Listrik

Sumpit listrik ( Foto dok. soranews24.com)

HALO JAPIN. Sebuah terobosan dilakukan oleh Universitas Meiji dan produsen makanan Kirin. Mereka berkolaborasi membuat sumpit listrik yang dapat merangsang rasa asin pada makanan. Produk ini sepertinya ditujukan bagi mereka yang harus mengurangi konsumsi kadar garam seperti orang yang mengidap darah tinggi dan sebagainya di Jepang.


Sumpit tersebut dibuat sebagai bagian dari upaya Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang untuk mengurangi asupan garam harian orang Jepang yang dinilai tinggi jauh dari rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Melalui alat ini diharapkan mampu mengurangi jumlah garam yang dikonsumsi setidaknya 20 persen.

Penelitian yang dilakukan menyebutkan sepasang sumpit lisrik dapat merangsang rasa asin pada makanan dengan kadar garam rendah. Cara kerja sumpit ini adalah menemukan arus gelombang listrik yang mempengaruhi ion seperti natrium klorida yang bertanggung jawab atas rasa asin sehingga rasa asinnya menjadi meningkat. Selain itu sumpit ini juga mampu memengaruhi ion dalam monosodium glutamat, yang bertanggung jawab atas rasa umami pada makanan seperti sup miso.


Dalam pengembangan tersebut dihasilkan dari uji coba tes pada makan subjek gel dengan kandungan garam tertentu terjadi penurunan yang sangat akurat sekitar 30 persen dalam rasa asin. Dalam tes terakhir, subjek disajikan gel rendah garam yang sama tetapi memakannya dengan sumpit listrik. Hasilnya, rasa asin yang dirasakan naik 50 persen. Hal ini membuat gel dengan kadar garam yang dikurangi menjadi lebih asin daripada gel asin asli. Hasil yang menggembirakan juga ditemukan dalam pengujian menggunakan sup miso rendah garam.


Sumpit ini mampu melakukan pengiriman arus lemah listrik ke makanan. Memang menggunakan sumpit listrik terkesan mengerikan karena berpikir bisa tersengat listrik. Apalagi dilakukan di bagian mulut. Namun peneliti Universitas Meiji mengklaim aliran listrik itu sangat tidak terasa. Bahkan mengatakan sumpit listrik tidak akan menyetrum penggunanya. Untuk mengatasi kekhawatiran itu, pihak Univeritas Meiji juga berencana membuat stimulasi listrik sebagai pembangkit rasa tidak melalui mulut. (Sumber soranrews24.com) ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *