Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Wahana Antariksa Jepang Berhasil Bekerja Lagi dan Melanjutkan Misinya di Bulan

Wahana ruang angkasa Jepang SLIM berhasil mendarat di bulan ( Foto dok. JAXA)

Seperti diketahui sebelumnya, wahana luar angkasa bernama Smart Lander for Investigating Moon (SLIM) ini sempat mengalami kehilangan tenaga listriknya beberapa saat setelah mendarat di bulan.

HALOJAPIN.COM. Wahana antariksa Jepang berhasil memperbaiki kerusakan dan siap melanjutkan misinya di bulan. Hal itu karena panel surya yang ada dalam wahana tersebut akhirnya mulai menghasilkan listrik. Sebelumnya, wahana luar angkasa bernama Smart Lander for Investigating Moon (SLIM) ini sempat mengalami kehilangan tenaga listriknya.

Terbangun dari tidurnya, itulah yang gambaran dari wahana penjelajah bulan Jepang ini. Salah satu tandanya SLIM berhasil mengirimkan gambar baru kembali ke bumi. “Kami telah berhasil menjalin kembali komunikasi dengan penyelidikan, yang berfungsi kembali!” kata Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang atau JAXA pada 29 Januari di media sosial X.

JAXA mengatakan pihaknya menerima sinyal SLIM 11 malam pada 28 Januari. Hampir sembilan hari setelah daya pendarat bulan mati akibat kegagalan panel surya. Dengan menggunakan kamera khusus, SLIM telah melanjutkan pemeriksaan batuan di bulan setelah pendaratan 20 Januari lalu. Wahana tersebut telah mengirimkan data termasuk gambar close-up dari salah satu batu yang diberi nama “Toy Poodle”.

Saat pendaratan, SLIM menghadapi kendala besar. Sebabnya karena baterei yang ada pada wahana tersebut menurun dayanya karena terkenla panel surya. Namun SLIM mampu memeriksa permukaan bulan selama 45 menit sebelum dimatikan. Keputusan ini karena sisa daya baterai hanya sebesar 12 persen untuk bersiap memulai misinya kembali. Panel surya yang terdapat pada SLIM tidak berfungsi karena menghadap ke barat jauh dari sinar matahari.

Melanisr laman asahi.com setiap hari para staf yang ada JAXA dengan sabar menjalin kembali kontak dengan SLIM. Mereka berharap misi di bulan dapaT mulai kembali jika sinar matahari mampu menyinari sel surya. Kesabaran ini mendapatkan hasil, SLIM medapatkan sinar matahari dan menambah kembali tenaga batereinya.

Wahana Antariksa

Wahana antariksa Jepang bernama SLIM berhasil mendarat di bulan pada Sabtu (20/1). Kesuksesan ini menjadikan negara Matahari Terbit itu sebagai negara kelima di dunia yang dapat mencapai bulan menyusul Amerika Serikat, China, Rusia dan India.

Smart Lander for Investigating Moon atau SLIM mencapai prioritas misinya untuk melakukan pendaratan tepat pada sasaran . Wahana antariksa ini mendarat di permukaan bulan sekitar pukul 12:20 waktu Tokyo pada hari Sabtu (1520 GMT Jumat). Sekedar info SLIM meluncur dengan roket Mitsubishi Heavy H2A pada bulan September lalu. kemudian memasuki orbit bulan pada 25 Desember 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *