Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Nuansa Bali di Pulau Enoshima

Enoshima Bali Sunset ( Foto : twitter KBRI Tokyo)

halojapin.com. Sebuah pagelaran bernuansa Bali disuguhkan di ajang Enoshima Bali Sunset. Kegiatan ini adalah untuk yang kelimabelas. Enoshima Bali Sunset kembali digelar dan menghadirkan nuansa pulau Dewata Bali di Pulau Enoshima, Fujisawa, Jepang, pada 9-10 Oktober 2022


“Sudah diadakan 15 kali karena dua tahun tidak jadi gara-gara corona,” kata Ami Hasegawa penggagas Enoshima Bali Sunset. Ami mengatakan bahwa Enoshima Bali Sunset bermula dari kecintaannya terhadap budaya Bali. Selain itu ada beberapa persamaan Pulau Enoshima dan Pulau Bali misalnya bentuknya yang hampir sama jika dilihat dari atas. Selain itu juga latar belakang sejarah dan kemiripan legenda.


“Saya cinta Bali jadi mau menginformasikan ke orang Jepang karena cinta sekali tari Bali, budaya Bali jadi semoga mereka senang mau bikin orang Jepang mengenal Bali,” katanya. Ami berharap Enoshima Bali Sunset dapat turut serta mempererat hubungan antara Indonesia dan Jepang.


Sementara Hal yang sama juga dikatakanWali Kota Fujisawa Suzuki Tsuneo. “Enoshima dan Bali memiliki kesamaan. Semua orang tampaknya tertarik dengan acara ini karena itu mereka datang. Saya harap acara ini dapat terus berkembang,” katanya. Ia menambahkan Bali dan Enoshima juga memiliki unsur spiritual yang menjadi daya pikat bagi kedua daerah tersebut. “Budaya Bali memiliki hal-hal spiritual, begitu pula dengan Enoshima. Anda dapat merasakan kedua hal spiritual itu dan saya rasa acara ini luar biasa,” katanya.


Sedangkan Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi memberikan apresiasi untuk acara tersebut. “KBRI terlibat sudah bertahun-tahun berkolaborasi dengan Ibu Ami Hasegawa dengan grupnya untuk mempromosikan Indonesia serta pariwisata Indonesia melalui Enoshima Bali Sunset,” katanya.


Namun Heri berharap bukan hanya Bali, melainkan Indonesia secara keseluruhan semakin dikenal oleh masyarakat Jepang. “Mudah-mudahan tidak hanya Bali tapi Indonesia berada di top of mind-nya masyarakat Jepang,” ujarnya. Dia memastikan dukungan KBRI Tokyo untuk kegiatan-kegiatan promosi pariwisata Indonesia baik yang dilakukan diaspora Indonesia maupun warga asing dalam jalinan persahabatan Indonesia.


Acara tersebut terdiri dari penampilan tari-tarian Bali, gamelan Bali, angklung, serta promosi batik melalui peragaan busana dan tutorial penggunaan batik. Selain itu juga terdapat sejumlah gerai yang menjajakan kuliner khas Indonesia, mulai dari jamu, kopi, keripik serta suvenir, seperti wayang, gantungan kunci, tas dan lain sebagainya.(Sumber antaranews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *